Hadir di Rakernas Apdesi, Dirjen Bina Pemdes Dorong Percepatan Serapan APBDes

Hadir di Rakernas Apdesi, Dirjen Bina Pemdes Dorong Percepatan Serapan APBDes
Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto menghadiri Rakernas Apdesi di Universitas Jambi, Muaro Jambi, Rabu (26/7). Foto: Humas Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - JAMBI - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di Universitas Jambi, Muaro Jambi, Rabu (26/7).

Dalam sambutannya, Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto mendorong pemerintah desa untuk mempercepat serapan APBDes termasuk dana desa dengan prioritas kegiatan percepatan pembangunan desa.

"Mendorong percepatan serapan APBDes dengan prioritas untuk pembangunan desa, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan dan ketahanan ekonomi masyarakat desa," ujar Eko.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Bina Pemdes juga menyampaikan harapannya agar para anggota Apdesi mampu meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang responsif, ekstraktif, regulatif, distributif, dan kolaboratif serta senantiasa untuk tidak melanggar peraturan.

"Diharapkan agar meningkatkan koordinasi dan soliditas yang baik antara kepala desa dengan perangkat desa dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Eko.

Eko juga meminta agar terjadi sinergitas antara pemdes dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam percepatan pembangunan desa.

"Yang terpenting juga meningkatkan sinergitas pemdes dan BPD dalam percepatan pembangunan desa dengan mengutamakan kesejahteraan masyarakat desa dan berinovasi memajukan desa melalui program yang dapat mengoptimalkan potensi, tantangan, dan peluang yang ada di desa dengan mendorong partispasi masyarakat," pesan Eko Prasetyanto.

Dia berharap melalui Rakernas Apdesi ini dapat memperkuat hubungan silaturahim yang baik sehingga akan memperkuat komunikasi dan sinergi dalam menjalankan tugas.

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto menghadiri Rakernas Apdesi, mendorong pemerintah desa untuk mempercepat serapan APBDes.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News