Hadiri Harlah Pancasila di Ciamis, Yudian Wahyudi Tegaskan Peranan Budaya dan Ulama

Hadiri Harlah Pancasila di Ciamis, Yudian Wahyudi Tegaskan Peranan Budaya dan Ulama
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 yang digelar di Taman Lokasana, Ciamis. Foto: dok BPIP

jpnn.com, CIAMIS - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 yang digelar di Taman Lokasana, Ciamis, Jawa Barat, Minggu (4/6).

Dia mengapresiasi acara tersebut karena memiliki pembumian Panci memiliki bentuk kearifan lokal.

"Kami di BPIP akan selalu terbuka untuk bergotong royong dengan semua kalangan dalam kegiatan-kegiatan pembumian Pancasila", tutur Kepala BPIP.

Yudian mengingatkan peran ulama, budayawan, dan para jawara yang bisa mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mempertahankan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa.

“Saya mengajak semua untuk tidak melupakan jasa-jasa beliau, juga jasa-jasa para pendiri bangsa, para pahlawan, para leluhur, orang tua, dan guru-guru semua. Karena berkat jasa-jasa merekalah bangsa ini masih tegak berdiri hingga hari ini," ungkapnya.

Prof. Yudian berpesan kepada para budayawan dan ulama Ciamis untuk tetap menjaga toleransi, persatuan, dan gotong royong sebagai kunci membangun bangsa yang kokoh.

"Mari syukuri nikmat kemerdekaan yang bangsa kita dapatkan, nikmat Pancasila yang kita miliki, juga nikmat suburnya tanah air yang kita tinggali," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengajak masyarakat Ciamis agar terus menjaga kohesi sosial, yakni kemampuan segenap elemen masyarakat untuk terus menyatu, Bhinneka Tunggal Ika.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 yang digelar di Taman Lokasana, Ciamis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News