Kepala BPIP Ajak Masyarakat Mengikuti Upacara Peringatan Harlah Pancasila Besok

Kepala BPIP Ajak Masyarakat Mengikuti Upacara Peringatan Harlah Pancasila Besok
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi saat meninjau lokasi upacara peringatan Harlah Pancasila di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Selasa (31/5). Foto: Dokumentasi Humas Pancasila

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan dan mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di daerah masing-masing sebagai rasa nasionalisme pada Kamis (1/6) besok.

Hal itu disampaikannya saat mengikuti gladi bersih sekaligus meninjau lokasi upacara peringatan Harlah Pancasila di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (31/5).

Prof Yudian mengatakan pelaksanaan peringatan upacara Harlah Pancasila bisa dilaksanakan secara langsung yang diselenggarakan pemerintah daerah maupun secara daring melalui televisi nasional dan kanal media sosial BPIP.

Kepala BPIP Ajak Masyarakat Mengikuti Upacara Peringatan Harlah Pancasila Besok

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi menyalami Panglima TNI  Laksamana Yudo Margono saat berada di lapangan Monas, Rabu (31/5). Foto: Dokumentasi Humas BPIP

Upacara memperingati Harlah Pancasila tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

"Dalam Kepres ditegaskan 1 Juni merupakan libur nasional dan pemerintah dan seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila," kata Prof Yudian Wahyudi.

Seluruh pedoman upacara memperingati Harlah Pancasila juga ditegaskan dalam Surat Edaran BPIP tentang Hari Lahir Pancasila 2023 dan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala BPIP Karjono Atmoharsono menyampaikan upacara Harlah Pancasila akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara, dan Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri beserta jajarannya.

Upacara Peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2023 akan digelar besok, simak pernyataan Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News