Hadiri Pengukuhan Guru Besar Universitas Trisakti, Bamsoet Berpesan Begini

Hadiri Pengukuhan Guru Besar Universitas Trisakti, Bamsoet Berpesan Begini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menghadiri pengukuhan empat guru besar Universitas Trisakti di Jakarta, Sabtu (13/1). Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menuturkan aksesibilitas masyarakat terhadap pendidikan tinggi sangat penting.

Sebab, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, persaingan global akan semakin ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusia yang dimiliki setiap negara.

"Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang ingin bertumbuh. Dengan semakin kompleksnya tantangan dan dinamika zaman, seluruh komunitas global saat ini sedang berlomba-lomba meningkatkan kualitas SDM melalui bidang pendidikan untuk meningkatkan daya saing," ujar pria akrab Bamsoet seusai menghadiri pengukuhan empat guru besar Universitas Trisakti di Jakarta, Sabtu (13/1).

Empat Guru Besar Trisakti yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. Eleonora Sofilda, SE, Msi, Prof. Dr. Ir. Rianti Dewi Sulamet-Ariobimo, ST,M.Eng, IPM, Prof. Dr. Elfrida Ratnawati, SH, Mhum, MKn dan Prof. Dr. Bahtiar Usman, SE, MMCIFM, CIERM.

Ketua DPR RI ke-20 itu menjelaskan, pendidikan adalah salah satu kata kunci untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Oleh karena itu, para pemangku kepentingan di sektor pendidikan harus bersama membangun sinergi, bahu membahu meneguhkan komitmen dalam semangat perbaikan dan pembaruan, serta berupaya sebaik mungkin meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

"Saat ini terdapat tiga masalah fundamental yang dihadapi bangsa Indonesia, yakni kebodohan, kemiskinan, serta ketidakadilan," kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Perhimpunan Doktor Ilmu Hukum UNPAD itu manambahkan, keberadaan perguruan tinggi swasta yang berada di berbagai daerah bisa menjadi solusi bagi pemerataan akses pendidikan tinggi terhadap berbagai kalangan masyarakat.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, setidaknya terdapat sekitar 3,7 juta lulusan pendidikan tingkat menengah setiap tahun.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menghadiri pengukuhan empat guru besar Universitas Trisakti di Jakarta, Sabtu (13/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News