Hadiri Raker Komwil IV Apeksi, Khofifah: Semoga Lahirkan Rekomendasi Strategis Pembangunan

Hadiri Raker Komwil IV Apeksi, Khofifah: Semoga Lahirkan Rekomendasi Strategis Pembangunan
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Raker Komwil IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2023 di Gedung Harmoni Kota Pasuruan, Rabu (21/6) malam. Foto: Dok Raker Komwil Apeksi 2023

jpnn.com, PASURUAN - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Apeksi bisa memberikan rekomendasi strategis yang bisa dibahas saat Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang akan diselenggarakan di Makassar.

Dia menyampaikan hal tersebut seusai menghadiri welcoming dinner rapat kerja komisariat wilayah (Raker Komwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2023 di Gedung Harmoni Kota Pasuruan, Rabu (21/6) malam.

Utamanya, panduan yang bisa menjamin pembangunan berkelanjutan tetap dilanjutkan oleh kepala daerah khususnya pada saat penjabat menunggu pelaksanaan pilkada serentak.

"Maka harus ada referensi dan panduan yang bisa memberikan guidance untuk menjamin bahwa sustainable development itu bisa terguarantee," tegasnya.

Menurut Khofifah, ini sangat penting sebab dalam waktu dekat di Jawa Timur saja terdapat 18 Kabupaten Kota dan Provinsi yang akan dipimpin Penjabat atau PJ.

Sehingga saat masa transisi kepemimpinan itu, para PJ diharapkan mampu merumuskan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2025. Sekaligus, perumusan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Ini adalah pengalaman baru bagi seluruh daerah yang dipimpin oleh PJ pada saat selesai masa periodesasinya, itu akan menjadi bahan yang serius. Jadi di pertemuan apeksi kali ini, mudah-mudahan saat rakernas nanti akan dibahas serius dan tuntas guidancenya, " harapnya.

"Jadi keberlanjutan pembangunan harus tetap bisa digaransi oleh para PJ di mana RPJMD nya sudah selesai di 2024, tetapi harus merumuskan pembangunan lengkap RKPD dan RAPBD tahun 2025," imbuhnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Apeksi bisa memberikan rekomendasi strategis yang bisa dibahas saat Rakernas Apeksi di Makassar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News