Hadiri Renungan Suci, Menteri LHK Harap Para Rimbawan Bangun Semangat Juang

Hadiri Renungan Suci, Menteri LHK Harap Para Rimbawan Bangun Semangat Juang
Renungan Suci Rimbawan. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, BOGOR - Mengenang para rimbawan yang gugur saat menjalankan tugas, Menteri LHK Siti Nurbaya berharap, hal tersebut menjadi motivasi para rimbawan, untuk lebih bekerja keras dalam pelaksanaan tugas mengelola sumber daya alam, agar kelestarian alam dan lingkungan hidup tetap terjaga, serta memberikan manfaat kepada masyarakat, dan peningkatan kesejahteraan bagi generasi mendatang. 

Pesan tersebut disampaikan Menteri Siti saat menghadiri kegiatan Renungan Suci, sebagai rangkaian peringatan Hari Bakti Rimbawan ke – 36 di kantor Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK Bogor (13/3)

"Memang berat tugas rimbawan dan harus ada dedikasi. Saya kira semua yang hadir bisa memaknai ini. Harapannya semangat dan jati diri rimbawan itu dengan contoh-contoh dedikasi sebagai rimbawan, punya sifat juang yang mempelajari ruang juang, langkah-langkah dan gerakan juang, serta alat juang," lanjutnya, saat menerangkan pentingnya peran rimbawan menjaga tanah dan air sebagai satu kesatuan lingkungan hidup.

Dalam pelaksanaan tugas rimbawan, Menteri Siti juga menekankan pentingnya penerapan sembilan dasar nilai rimbawan.

"Sembilan nilai dasar rimbawan, yaitu jujur, tanggung jawab, disiplin, ikhlas, visioner, adil, peduli, kerjasama dan profesional, sangat relevan sebagai jati diri dan semangat gerak para rimbawan," tegasnya.

Menyadari beratnya tantangan dalam menjalankan tugas rimbawan di lapangan, yang memiliki resiko tinggi bagi keselamatan jiwa, Menteri Siti minta agar para rimbawan selalu menyikapi dengan baik dan tepat, serta profesional.

"Tantangan itu tidak menyurutkan langkah kita untuk terus merajut prestasi," imbaunya.

Tidak lupa, dia juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran KLHK, atas dukungannya terhadap hasil kerja nyata KLHK, sehingga mampu meraih prestasi sebanyak 96 penghargaan selama tahun 2015-2018.

Menteri Siti minta agar para rimbawan selalu bersikap baik dan tepat serta profesional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News