Hadiri Simulasi Makan Siang Gratis di Tangerang, Begini Evaluasi Menko Airlangga

Hadiri Simulasi Makan Siang Gratis di Tangerang, Begini Evaluasi Menko Airlangga
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri simulasi makan siang gratis yang dilaksanakan Pemkab Tangerang di SMPN 2 Curug, Kamis (29/2). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, KABUPATEN TANGERANG - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memenuhi undangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang yang mengadakan simulasi program makan siang gratis, Kamis (29/2).

Simulasi program makan siang bernama Anak Sehat dan Sejahtera (Aksara) yang berlangsung di SMPN 2 Curug merupakan salah satu upaya pemenuhan gizi anak sekolah.

Program ini tidak hanya berkaitan dengan pemenuhan gizi para siswa dan siswi, tetapi juga berkaitan dengan pemberdayaan UMKM sekitar dan ketahanan pangan lokal.

Pada kesempatan tersebut, Pemkab Tangerang menjelaskan terkait program Aksara secara detail kepada Menko Airlangga.

Menanggapi penjelasan tersebut, Menko Airlangga mengatakan simulasi makan siang ini dapat memperlihatkan ‘bolts and nuts’ dari program hingga multiplier effect-nya.

Menko Airlangga juga mengapresiasi SMPN 2 Curug atas program-program yang dimiliki, yakni Program Kantin Sehat dan Bersih, Program Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurasaki) dan Program Gerakan Bersama Rakyat Tangani Stunting (Gebrak Tegas).

“Dari simulasi ini kita ingin melihat ‘bolts and nuts’ dari program makan siang ini. Mulai dari adanya tiga tipologi sekolah, kemudian juga infrastruktur, plus yang kita ingin lihat itu bagaimana mekanisme atau SOP antara sekolah dan UMKM. Nah, multiplier effect-nya seperti apa,” kata Menko Airlangga.

Menko Airlangga menekankan Kabupaten Tangerang cocok menjadi lokasi pilot project program makan siang, karena memiliki tiga topologi sekolah, yakni sekolah di perkotaan, pedesaan, dan pesisir.

Menko Airlangga menghadiri simulasi program makan siang gratis yang dilaksanakan Pemkab Tangerang di SMPN 2 Curug, begini evaluasinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News