Hadiri Upacara Kebo Ketan, Hasto Tegaskan Komitmen PDIP pada Kesenian

Hadiri Upacara Kebo Ketan, Hasto Tegaskan Komitmen PDIP pada Kesenian
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) bersama Ketua Paguyuban Kraton Ngiyom Bramantyo Prijosusilo (kiri) dan Bupati Ngawi Budi Sulistyono di sela Upacara Kebo Ketan. Foto: Humas DPP PDIP

jpnn.com, NGAWI - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus mendorong cita-cita Trisakti yang digagas Bung Karno. Tak sekadar fokus pada upaya mewujudkan kemandirian ekonomi dan kedaulatan politik, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu juga berikhtiar mendorong kebudayaan yang berkepribadian.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Proklamator RI Bung Karno berpesan bahwa Indonesia sebagai bangsa merdeka harus mengembangkan jati diri. “Bangga dengan kebudayaan nasional kita," ujar Hasto saat menghadiri upacara Kebo Ketan dan pertunjukan kesenian rakyat di Desa Sekalaras, Ngawi, Jawa Timur, Jumat (8/11) malam.

Sebagaimana siaran pers DPP PDIP, Hasto berada di Ngawi untuk menghadiri undangan Paguyuban Kraton Ngiyom. Upacara Kebo Ketan merupakan acara tahunan bagian dari perayaan Maulid Nabi Muhammad.

Hasto dalam kesempatan itu mengaku kagum dengan upacara Kebo Ketan yang digelar di pelosok Ngawi. Politikus asal Yogyakarta tersebut meyakini kegiatan semacam itu mampu menguatkan identitas kebudayaan nasional.

“Ini di desa, di tengah alas, proses kreatif itu bisa dijalankan dengan baik dan masyarakat juga melibatkan diri. Ini membangun identitas kebudayaan kita,” tutur Hasto.

Tokoh kelahiran 1966 yang berulang tahun setiap 7 Juli itu mengatakan, kebudayaan Indonesia berwujud dalam kesenian yang melekat di kehidupan masyarakat. Menurut Hasto, melalui budaya pula bisa memahami sejarah.

“Kita adalah bangsa yang besar karena kebudayaan juga," kata Hasto di acara yang dihadiri Bupati Ngawi Budi Sulistyono atau Mas Kanang itu.

Lebih lanjut Hasto menegaskan, PDIP mendukung penuh gerakan-gerakan kebudayaan melalui melalui pertunjukan kesenian. Oleh karena itu PDIP juga meminta kader-kadernya yang menjadi kepala daerah untuk mendorong proses kreatif dalam pengembangan kebudayaan.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat menghadiri tradisi Kebo Ketan di Ngawi, Jawa Timur menyatakan bahwa kebudayaan harus berjati diri sebagaimana pesan Bung Karno.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News