Hadirkan Skytrain, AP II Gelontorkan Rp 950 miliar

Hadirkan Skytrain, AP II Gelontorkan Rp 950 miliar
Bandara Soekarno Hatta. Foto dok Indopos/jpnn.com

jpnn.com - jpnn.com - Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan dilengkapi moda transportasi antar terminal berbasis kereta tanpa pengemudi atau Skytrain.

Pengadaan trainset Skytrain beserta teknologinya disiapkan PT LEN Industri dan Woojin asal Korsel.

"Nilai investasi yang dikeluarkan PT Angkasa Pura II sebesar Rp 530 miliar," kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Awaluddin menjelaskan, Skytrain ini dilengkapi sistem automated guideway transit (AGT) dengan ban karet yang dilengkapi pengarah dan berpenggerak sendiri atau self propelled.

"Kecepatan operasi Skytrain ini bisa mencapai 60 km/jam," ujar Awaluddin. 

Untuk pembangunan infrastruktur seperti jalur dan terminal Skytrain, PT Angkasa Pura II berinvestasi sebesar Rp 420 miliar, di mana pembangunannya dilakukan oleh KSO antara PT Wijaya Karya dan PT Indulexco.

“PT Angkasa Pura II bangga bisa bersinergi dengan LEN Industri dan PT Wijaya Karya dalam menghadirkan Skytrain, membawa Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke level yang lebih tinggi sekaligus menjadikan sektor kebandarudaraan nasional berada di era baru,” terang Awaluddin.

Nantinya keberadaan Skytrain akan melengkapi fasilitas terkait moda transportasi lainnya, seperti kereta bandara yang menghubungkan secara langsung Jakarta dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan dilengkapi moda transportasi antar terminal berbasis kereta tanpa pengemudi atau Skytrain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News