Juni 2017, Bandara Soetta Dilengkapi Skytrain

Juni 2017, Bandara Soetta Dilengkapi Skytrain
Bandara Soekarno Hatta. Foto dok Indopos/jpnn.com

jpnn.com - jpnn.com - Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan dilengkapi Automated People Mover System (APMS), moda transportasi antar terminal berbasis kereta tanpa pengemudi atau Skytrain.

Pengoperasian Skytrain akan dimulai pada Juni 2017 dengan menggunakan satu trainset, yang terdiri dari dua kereta dengan kapasitas total menampung 176 orang untuk perpindahan penumpang dari Terminal 2 ke Terminal 3, maupun sebaliknya.

"Skytrain akan beroperasi penuh dengan tiga trainset berkapasitas total 528 orang yang menghubungkan Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, dan integrated building pada Agustus 2017," kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Demi mengoptimalkan pelayanan, headway Skytrain akan dicanangkan maksimal 5 menit dengan waktu tempuh dari T1, kemudian menuju integrated building, lalu lanjut ke T2 dan T3 ditetapkan 7 menit. 

"Bagi penumpang pesawat atau pengunjung bandara bisa dengan mudah melihat informasi jadwal atau waktu kedatangan Skytrain lewat aplikasi Indonesia Airport yang bisa diakses melalui smartphone," tutur Awaluddin.

Adapun nilai investasi Skytrain mencapai Rp 950 miliar, yang terdiri dari investasi pengadaan trainset dan investasi pembangunan infrastruktur.(chi/jpnn)


Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan dilengkapi Automated People Mover System (APMS), moda transportasi antar terminal berbasis kereta


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News