Senin, 17 Desember 2018 – 07:09 WIB

Haedar Nashir Sampaikan Ini di Depan Pemuka Agama se-Dunia

Jumat, 12 Oktober 2018 – 15:21 WIB
Haedar Nashir Sampaikan Ini di Depan Pemuka Agama se-Dunia - JPNN.COM

jpnn.com, KAZAKHSTAN - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menghadiri VI Congress of the Leaders of World & Traditional Religions di Kazakhsztan pada 10 hingga 11 Oktober 2018.

Hadir juga Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti dan Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Siti Noordjannah.

Kegiatan ini dihadiri 82 negara perwakilan, yang terdiri dari pemimpin organisasi agama Islam, Kristen, Hindu, serta perwakilan organisasi internasional, seperti Aliansi Peradaban PBB, OSCE , UNESCO.

Pertemuan ini membahas peran para pemimpin agama dalam menjaga dunia yang aman. Serta melibatkan pemangku agama dalam membangun kepercayaan dan saling menghormati, memerangi ekstremisme agama dan menciptakan dunia yang aman.

Dalam kongres yang dihadiri presiden Kazakhsztan dan presiden Serbia Aleksandar Vu?i?, Haedar menyampaikan materi terkait Religion and Globalization:Challenges and Responses.

Menurut Haedar, pada dasarnya agama tidak selalu menentang globalisasi. Islam khususnya, sejak awal berkembangnya telah mensyiarkan dari dunia tanpa batas.

“Islam secara konsisten menyerukan pesan universal yang tidak terbatas suku tertentu dan etnis, geografi dan daerah. Islam telah menyerukan persaudaraan universal dan kerja sama antara orang-orang dari elemen penting dunia,” tutur Haedar.

Selain memberikan dampak positif, Haedar juga mengatakan globalisasi bisa memberikan dampak yang negatif. Dalam hal ini peran agama Islam sangat dibutuhkan dalam memerangi dampak negatif globalisasi, seperti yang tertuang dalam surah al-Maidah ayat 2 dan surah al-A’raf ayat 56.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar