JPNN.com

Haji Lulung Siapkan Rp 10 Miliar untuk Anggaran Bamus Betawi

Rabu, 25 Desember 2019 – 16:57 WIB
Haji Lulung Siapkan Rp 10 Miliar untuk Anggaran Bamus Betawi - JPNN.com
Ketum Bamus Betawi H Lulung Lunggana (kedua dari kiri) bersama Ketua Majelis Adat Betawi KH Nuri Thahir (kedua dari kanan) dalam pertemuan di kawasan Jakarta Timur. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Bamus Betawi Abraham Lunggana alias Haji Lulung memaklumi keputusan Pemprov DKI tidak memberikan dana hibah kepada ormas yang dipimpinnya tersebut. Menurut dia, kondisi keuangan pemprov memang tidak memungkinkan untuk memberi hibah tersebut.

"Kami turut prihatin, dan kami sepenuhnya memahami dengan realitas APBD DKI yang defisit. Karena itu, maka kami siap mandiri dengan menyediakan dana pribadi dari saya dan pengurus sebesar Rp 10 miliar untuk anggaran Bamus Betawi tahun depan," ujar Haji Lulung kepada wartawan, ditemui di Jakarta, Rabu (25/12).

"Jadi, ini bukan kekecewaan buat kami. Karena memang anggarannya defisit maka kami kepengurusan pimpinan Ketua Adat Bamus Betawi Haji Nuri Thahir dan Ketua Umum Haji Lulung siap mandiri," sambungnya.

Lulung pun memastikan bahwa anggaran hasil patungan tersebut cukup untuk mendanai seluruh program Bamus Betawi tahun depan. Salah satu program tersebut adalah penerapan Pergub Nomor 18 Tahun 2019 tentang Festival Kebudayaan.

Saat ini, tambahnya, Bamus tengah mempersiapkan peluncuran Tabungan Umrah Bamus Betawi pada awal Januari 2020. Program tersebut akan membantu jemaah berangkat ke Tanah Suci pada bulan Desember 2020.

"Februari, kami akan bikin Festival Palang Pintu dan Kerak Telor se-Jakarta. Berikutnya, pada bulan Maret ada program Bedah Kampung Betawi. Nanti semua akan menggunakan ornamen-ornamen asli khas Betawi dengan dibiayai Bamus Betawi bersama tiga wakil ketua umum sesuai bidang masing-masing," paparnya.

Anggota DPR RI ini juga memastikan bahwa kegiatan Lebaran Betawi akan tetap diselenggarakan dengan anggaran sebesar Rp 2 Miliar. Karena itu, dia meminta warga Betawi ibu kota untuk tidak merasa khawatir.

Selanjutnya, Haji Lulung juga mengingatkan kepada semua pihak khususnya kepada keluarga besar Bamus Betawi agar jangan mau dipecah belah. Pasalnya, saat ini masih ada orang-orang yang tidak berhak mengaku sebagai pengurus Bamus Betawi yang sah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil