Hakteknas 2023, Ada Mobil Listrik Hemat Energi Inovasi Mahasiswa UGM

Hakteknas 2023, Ada Mobil Listrik Hemat Energi Inovasi Mahasiswa UGM
Mobil listrik hemat energi inovasi mahasiswa UGM, Urban Hydroz ikut ditampilkan di Hakteknas 2023. Foto Humas Diktiristek Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Tim SEMAR UGM menampilkan karya inovasinya, yaitu Urban Hydroz mobil listrik hemat energi pada Pameran Riset dan Inovasi Haktenas 2023 di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno sejak 11-13 Agustis 2023.

Mobil yang menyabet juara satu pada kompetisi Shell Eco Marathon cabang lomba Autonomous Programming Competition (APC) 2023 ini mengusung konsep urban, yaitu jenis kendaraan yang didesain dan dibuat sedemikian rupa menyerupai untuk penggunaan di area perkotaan di masa depan.

"Urban Hydroz merupakan kendaraan hemat energi yang mengusung urban concept, yaitu jenis kendaraan yang dibuat sedemikian rupa untuk menyerupai sebuah city car yang mampu digunakan hingga masa depan,” ujar Fikri, salah satu anggota Tim SEMAR UGM, Sabtu (12/8).

Lebih lanjut Fikri menjelaskan keistimewaan Urban Hydroz yang sepenuhnya bebas emisi dan ramah lingkungan.

Urban Hydroz dikembangkan berbahan bakar hidrogen yang menurut hasil penelitian sangat hemat bahan bakar.

Dia menjelaskan energi listrik untuk penggerak Urban Hydroz dihasilkan dari reaksi antara hidrogen dengan oksigen di dalam sel bahan bakar.

Selain menghasilkan listrik, reaksi ini menghasilkan emisi berupa air murni. 

“Air murni ini merupakan emisi satu-satunya yang dihasilkan Urban Hydroz. Jadi, bisa dibilang kendaraan ini sepenuhnya bebas emisi dan ramah lingkungan,” ungkap Fikri.

Mobil listrik hemat energi inovasi mahasiswa UGM, Urban Hydroz ikut ditampilkan di Hakteknas 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News