JPNN.com

Hamdalah, Kloter Pertama Jemaah Calhaj RI Sudah Tiba di Madinah

Sabtu, 06 Juli 2019 – 18:45 WIB Hamdalah, Kloter Pertama Jemaah Calhaj RI Sudah Tiba di Madinah - JPNN.com

jpnn.com, MADINAH - Kelompok terbang (kloter) pertama jemaah calon haji (calhaj) dari Indonesia telah tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah, Sabtu (6/7) sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Terdapat 449 jemaah calhaj asal Magetang dalam kloter yang diberangkatkan dari embarkasi Surabaya (SUB 1) itu.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, kloter pertama jemaah haji asal tanah air itu tiba di Madinah lebih awal dari jadwal semula pukul 10.00 waktu setempat. "Alhamdulillah, rombongan jemaah calon haji kloter pertama tiba dengan selamat," ujarnya sebagaimana siaran pers Kementerian Agama.

BACA JUGA: Penerbangan Haji Kloter Pertama di Bandara Juanda Berjalan Lancar

Turut menyambut kedatangan para jemaah calon haji Indonesia adalah Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Madinah Arsyad Hidayat dan para Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Usai upacara penyambutan, para jemaah calon haji langsung diarahkan ke paviliun untuk menunggu bus yang membawa mereka menuju hotel.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, dari 449 jemaah asal Magetan itu terdapat 2 orang yang memakai tongkat untuk berjalan, sedangkan 8 lainnya menggunakan kursi roda. Di antara kloter itu terdapat jemaah calon haji bernama Sukinah yang telah berusia 93 tahun.

Salah satu jamaah haji asal Magetan, Siti Maesaroh (57) mengaku senang telah sampai di Tanah Suci. Bersama sang suami, perempuan paruh baya yang masih aktif sebagai kepala di salah satu SMP di Magetan itu mengaku baru bisa melaksanakan ibadah haji setelah menunggu selama sembilan tahun.

Proses kedatangan jemaah calhaj berlangsung cukup cepat karena para Tamu Allah itu tidak perlu menunggu koper bagasi. Begitu selesai melalui proses imigrasi, jemaah calhaj langsung menaiki bus yang membawa mereka ke Hotel Ishraq Al-Bustan.(esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...