Hamdan: Pendukung Herman-Daud Minta Pemungutan Suara Ulang Lagi

Hamdan: Pendukung Herman-Daud Minta Pemungutan Suara Ulang Lagi
Sejumlah pendukung pasangan calon gubernur-wakil gubernur Maluku, Herman Koedoeboen-Daud Sangadji (Mandat) diamankan aparat kepolisian Polres Metro Jakarta Pusat di Gedung Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, kemarin sore (14/11). Foto: Fery Pradolo/INDOPOS

jpnn.com - JAKARTA--Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mengungkapkan peristiwa rusuh yang terjadi di ruang sidang pleno MK pada Kamis (14/11) dilakukan oleh pendukung dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Herman Koedoeboen dan Daud Sangadji.

Pasangan ini termasuk salah satu pemohon dalam gugatan terhadap KPU Provinsi Maluku dengan nomor perkara 94/PHPU.D-XI/2013.

Pendukung pasangan ini tidak terima karena permohonan Herman-Daud ditolak MK.

"Di putusan sebelumnya kita minta pemungutan suara ulang (PSU). Tapi meski sudah PSU pasangan Herman-Daud tetap tidak masuk. Kemarin kelihatannya pada saat kami membacakan putusan Herman-Daud itu putusan 94, pendukung dari pasangan ini kecewa, jadi mereka menghendaki pemungutan suara ulang, putaran ke 3,"  kata Hamdan.

Pada putaran pertama Pemilukada Maluku sudah dimenangkan oleh pasangan Abdullah Vanath dan Marthen Jonas. Namun, para pesaing dari calon lainnya merasa ada pelanggaran terutama politik uang dan penyebaran SMS untuk mempengaruhi masyarakat memilih pasangan Abdullah-Marten.

Oleh karena itulah diajukan gugatan ke MK dengan Pihak Termohon KPU Provinsi Maluku dan Pihak Terkait I Abdullah Vanath-Marthen Jonas, serta Pihak Terkait II  Said Assagaff - Zeth Sahuburua.

Sedangkan pemohon  terdaftar dalam empat nomor registrasi yang masing-masing diajukan oleh pasangan Abdullah Tuasikal-Hendrik Lewerissa ( pasangan calon nomor urut I) dengan nomor perkara 91/PHPU.D-XI/2013, Pasangan Jacobus F. Puttillehalat dan Arfin Tapi Oyhoe dengan nomor perkara 92/PHPU.D-XI/2013 ( pasangan calon nomor urut 2), Pasangan bakal calon  William B. Noya – Adam Latuconsina dengan nomor perkara  93/PHPU.D-XI/2013, dan pasangan calon Herman Adrian Koedoeboen dan Daud M. Sangadji dengan nomor 94/PHPU.D-XI/2013.

Hamdan menyatakan pada sidang 30 Juli lalu pihaknya memang melihat ada pelanggaran yang sistematis, terukur dan masif yang terjadi di Pilkada Maluku. Itu terjadi terutama di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur, di mana Abdullah Vanath masih menjadi bupati.

JAKARTA--Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mengungkapkan peristiwa rusuh yang terjadi di ruang sidang pleno MK pada Kamis (14/11) dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News