Hamdan Zoelva: Kestabilan Emosi Penting bagi Presiden

Hamdan Zoelva: Kestabilan Emosi Penting bagi Presiden
Ketua Dewan Pakar Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Hamdan Zoelva memberi keterangan

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pakar Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Hamdan Zoelva mengatakan kestabilan dan pengendalian emosi bagi seorang presiden penting.

Dia pun menyebut hal itu terlihat dari kemampuan Anies Baswedan ketika debat perdana.

"Saya kira presiden itu harus bisa mengendalikan emosi. Hal ini mengingat presiden akan memutuskan sesuatu yang berdampak pada kehidupan negara dan rakyatnya," kata Zoelva di Jakarta, Kamis.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2013—2015 itu mengatakan hasil dan evaluasi debat perdana calon presiden yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) bagi Anies sudah memuaskan, bahkan bisa menerangkan permasalahan hukum seperti ahli hukum.

Selain itu, menurut Zoelva, Anies piawai dalam mengendalikan emosi meskipun beberapa kali diserang secara pribadi bukan terkait dengan gagasan atau visi dan misi.

Pada saat debat, kata dia, Anies juga dapat menyampaikan visi dan misi secara tuntas hanya dalam waktu 4 menit. Hal itu menggambarkan betapa pengetahuannya sangat luas.

"Substansi visi dan misi telah disampaikan dengan tegas dan cocok untuk menjawab problem kehidupan bangsa saat ini," katanya.

Zoelva mengatakan kampanye Pilpres 2024 yang paling efektif adalah debat antarkandidat karena semua gagasan bisa dimengerti oleh masyarakat. Hal ini seharusnya bisa diperbanyak.

Ketua Dewan Pakar Timnas AMIN Hamdan Zoelva menyebut kestabilan emosi sangat penting bagi seorang presiden.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News