Hamil atau Nggak ya? Ini Tanda-Tandanya

Hamil atau Nggak ya? Ini Tanda-Tandanya
Hamil atau Nggak ya? Ini Tanda-Tandanya

jpnn.com - PARA wanita terkadang tidak menyadari tanda-tanda awal kehamilan kecuali karena telat haid. Setidaknya itu bisa diketahui oleh wanita yang punya siklus haid normal.

Lantas, bagaimana dengan wanita dengan siklus ‘tamu bulanan’ yang tak normal? Bisa-bisa hanya karena haid yang telat datangnya, mereka sempat menyangka hamil.

Namun, bisa juga karena kebiasaan dengan siklus haid yang tak teratur, seorang wanita tak tahu ternyata sedang hamil. Untuk itu, tidak ada salahnya para wanita mengetahui tanda-tanda hamil selain telat haid berikut ini. Apa saja itu?

Hamil atau Nggak ya? Ini Tanda-Tandanya

1. Merasa sangat lelah
"Ini mungkin efek samping yang paling umum dari konsepsi. Pada tahap awal kehamilan tubuh Anda mulai tumbuh, meregang dan berubah," kata ginekolog, Mary Jane Minkin, MD, seperti dilansir laman Health, Rabu (3/6).

2. Merasa sangat mual
Meski tidak ada yang benar-benar tahu persis tentang kaitan mual dengan awal kehamilan, namun diduga hal itu karena semua perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh selama periode itu.

3. Payudara  terasa berat atau sakit
Hormon yang benar-benar harus disalahkan untuk gejala kehamilan ini. Semua hormon seperti hormon estrogen, progesteron, prolaktin akan naik yang mengakibatkan ketidaknyamanan pada Anda.

4. Suhu tubuh lebih tinggi
Ketika wanita berovulasi, suhu tubuhnya naik setengah derajat berkat lonjakan progesteron.(fny/jpnn)

PARA wanita terkadang tidak menyadari tanda-tanda awal kehamilan kecuali karena telat haid. Setidaknya itu bisa diketahui oleh wanita yang punya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News