Hampir Separuh Bacaleg DPR dari PDIP Masih Muda, Ditambah 11 Mantan Polisi & Tentara

Hampir Separuh Bacaleg DPR dari PDIP Masih Muda, Ditambah 11 Mantan Polisi & Tentara
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersalam komando dengan Ketua KPU Hasyim Asy'ari di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (11/5). PDIP menyerahkan 580 nama bakal caleg DPR pada Pemilu 2024 ke KPU. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP mendaftarkan 580 bakal calon legislatif (bacaleg) DPR untuk Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (11/5).

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, hampir lima puluh persen bakal caleg partainya untuk kursi DPR RI itu merupakan figur muda dengan usia di bawah 45 tahun.

“Partai (PDIP, red) juga melakukan kaderisasi secara sistematis. Dari kalangan muda di bawah usia 45 tahun ada sekitar 48 persen. Jadi, ini sebagai komitmen kami,” kata Hasto dalam konferensi pers di KPU.

Meski hampir setengah daftar bacaleg PDIP untuk kursi DPR itu diisi kader muda, Hasto memastikan nama-nama yang diusulkan sudah melalui pengaderan secara berjenjang.

"Tugas sebagai anggota dewan dipersiapkan untuk memahami fungsi legislasi, anggaran, pengawasan, dan representasi,” ujar Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan banyak bakal caleg PDIP yang berasal dari kalangan profesional. Misalnya, ada ahli di bidang pertanian, lingkungan hidup, kesehatan, teknologi, pertahanan, hukum, bahkan insinyur dan dokter.

Secara khusus Hasto menyebut nama pakar gunung berapi (vulkanolog) Surono alias Mbah Rono.

“Ada Mbah Rono yang dikenal pakar geologi karena partai (PDIP), Ibu Megawati, menaruh perhatian yang begitu serius terkait mitigasi bencana," tutur Hasto.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sekitar 48 persen bakal caleg DPR dari partainya masih berusia di bawah 45 tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News