Hanura Ingin Pertahankan PT 2,5 Persen

Hanura Ingin Pertahankan PT 2,5 Persen
Hanura Ingin Pertahankan PT 2,5 Persen
JAKARTA - Rapat pimpinan nasional (Rapimnas) I Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) merekomendasikan agar partai yang dipimpin Wiranto itu mempertahankan angka Parliamentary Threshold (PT) tetap di angka 2,5 persen. Pemberlakuan PT 2,5 persen itu tidak hanya diterapkan pada tingkat DPR tetapi juga ditingkat DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

"Kami sepakat untuk mempertahankan 2,5 persen. Sambil melakukan sosialisasi dan pengkaderan berkelanjutan, sebenarnya bisa saja naik jadi tiga persen. Tetapi Rapimnas mempertahankan untuk tetap di angka 2,5 persen secara nasional," kata Ketua DPP Partai Hanura, Akbar Faisal di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (21/12), saat membacakan rekomendasi politik Rapimnas.

Akbar menjelaskan, penambahan angka PT hanya akan merusak pembangunan demokrasi. Sebab, jika PT dinaikkan maka yang terjadi hanya penyerderhanaan jumlah partai tetapi tanpa disertai dengan penguatan demokrasi. “Kalau PT menjadi empat atau lima persen, apakah ada jaminan bahwa penguatan demokrasi dapat berjalan?," tanyanya.

Selain menolak kenaikan PT, Rapimnas I Hanura juga memutuskan agar seluruh lembaga tinggi negara menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan amanah konstitusi. Lembaga tinggi negara, kata dia, tidak boleh terkooptasi dengan kekuasaan pemerintah pascapertemuan antar pimpinan lembaga tinggi negara.

JAKARTA - Rapat pimpinan nasional (Rapimnas) I Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) merekomendasikan agar partai yang dipimpin Wiranto itu mempertahankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News