Hanya 10 Persen Honorer K2 di Jatim yang Lulus SKD CPNS

Hanya 10 Persen Honorer K2 di Jatim yang Lulus SKD CPNS
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Radar Banyuwangi/JPNN.com

jpnn.com - Formasi khusus untuk honorer K2 (kategori dua) banyak yang kosong. Di Jawa Timur saja, hanya 10 persen guru honorer dan tenaga kesehatan yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD). 

"Saya dapat informasi, 38 kabupaten/kota di Jatim, yang lulus tes itu hanya 5 sampai 10 persen," ujar Koordinator Wilayah Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Jatim Eko Mardiono kepada JPNN.com, Jumat (9/11).

Dia mencontohkan Kabupaten Malang, yang lolos SKD 10 orang.

Sedangkan tidak lolos 86 orang. Di Kediri kuota honorer K2 sebanyak 110 orang. Yang ikut tes 44 orang, dan lolos 12.

Begitu juga di Bondowoso. Yang ikut 99, dan lulus 27 orang. Pamekasan, yang lulus K2 10 orang. Pesertanya berjumlah 43, formasi yang disiapkan 47.

"Dari situ bisa kelihatan kan kalau yang usia di bawah 35 pun banyak tidak lolos SKD. Jadi memang sebaiknya enggak usah pakai passing grade," terangnya.

Dia menambahkan, harusnya 13.347 honorer K2 bisa ikut tes SKD tanpa passing grade sehingga bisa lolos semua. Sekarang malah formasi untuk K2 banyak yang kosong karena passing grade tes intelegensia umum (TIU). (esy/jpnn)


Dari situ bisa kelihatan kan kalau yang usia di bawah 35 pun banyak tidak lolos SKD. Jadi memang sebaiknya enggak usah pakai passing grade.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News