Hanya 7 Negara Schengen Eropa Mau Terima Pengunjung Penerima Sinovac, Ini Daftarnya

Jumat, 06 Agustus 2021 – 06:56 WIB
Hanya 7 Negara Schengen Eropa Mau Terima Pengunjung Penerima Sinovac, Ini Daftarnya
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Saat ini sebagian besar negara di Eropa termasuk yang masuk Zona Schengen telah membuka perbatasannya bagi pengunjung dari benua lain.

Namun, mayoritas negara di Benua Biru itu hanya mau menerima pengunjung yang telah divaksinasi menggunakan vaksin buatan Oxford-AstraZeneca, Pfizer-BioNTech, Moderna, dan Johnson and Johnson.

Penggunaan vaksin buatan sederet perusahaan farmasi kondang tersebut telah memperoleh izin dari Badan Obat Eropa atau European Medicines Agency (EMA).

Hanya tujuh negara di Zona Schengen yang mau membuka perbatasannya bagi pengunjung penerima vaksin buatan Sinovac, Tiongkok. Ketujuh negara itu ialah Austria, Finlandia, Yunani, Islandia, Belanda, dan Spanyol.

Sinovac baru mengantongi izin penggunaan darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 1 Juni 2021.

“SAGE (Strategic Advisory Group of Experts, red) telah menilai data kualitas, keamanan, dan efikasi vaksin secara menyeluruh dan merekomendasikan penggunaannya bagi orang berusia 18 tahun ke atas,” ujar WHO dalam pernyataannya.

Belum lama ini, Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Finlandia menyatakan semua orang penerima vaksin yang disetujui EMA dan WHO dianggap telah memperoleh vaksinasi penuh.

Konsekuensianya ialah siapa pun yang divaksinasi dengan Sinovac tidak diwajibkan menjalani karantina saat memasuki negeri yang beribu kota di Helsinki itu.

SPONSORED CONTENT

loading...