Hanya Beri Isyarat ke Jokowi, Mega Bermain Strategi

Hanya Beri Isyarat ke Jokowi, Mega Bermain Strategi
Hanya Beri Isyarat ke Jokowi, Mega Bermain Strategi

jpnn.com - JAKARTA - Pakar Komunikasi Politik Universitas Mercubuana Heri Budianto menyatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberi sinyal bahwa Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan diusung menjadi calon presiden PDIP.

Sinyal itu nampak dari penunjukan Jokowi, panggilan Joko Widodo, membacakan Dedication of Life yang pernah dibacakan presiden pertama Indonesia, Soekarno. Jokowi membacakannya pada saat pembukaan Rapat Kerja Nasional PDIP.

Sinyal Jokowi menjadi capres PDIP tidak hanya terlihat dari penunjukan Jokowi membacakan Dedication of Life. Heri menjelaskan, pidato Megawati saat membuka Rakernas PDIP juga menyiratkan hal itu.

Dalam pidatonya, Megawati mengatakan Jokowi memiliki "getaran Bung Karno". Pernyataan Megawati, kata Heri, tidak hanya pujian kepada Jokowi, tetapi juga menjadi pesan bahwa Jokowi memiliki kepemimpinan menyerupai Bung Karno, yakni dekat dengan rakyat.

Selain itu, lanjut Heri, pidato Megawati yang menekankan bahwa regenerasi dan kaderisasi PDIP berjalan baik dan berhasil, merupakan sinyal kuat Megawati mengarah ke pencalonan Jokowi for President 2014.

"Saya kira Megawati sudah memberikan lampu kuning bagi Jokowi untuk maju dalam panggung politik nasional," kata Heri di Jakarta, Sabtu (7/9).

Ia menjelaskan, lampu kuning yang dimaksudkannya adalah kehati-hatian Megawati untuk menentukan capres PDIP. Sebab, kata Heri, Presiden Indonesia ke lima itu tetap memperhatikan aspirasi publik tentang Jokowi.

"Belum lampu hijau, masih lampu kuning. Di sinilah saya kira strategi politik yang dimainkan PDIP," kata Heri.

JAKARTA - Pakar Komunikasi Politik Universitas Mercubuana Heri Budianto menyatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberi sinyal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News