Hanya Demokrat dan PPP yang Ingin Timwas Dibubarkan

Hanya Demokrat dan PPP yang Ingin Timwas Dibubarkan
Hanya Demokrat dan PPP yang Ingin Timwas Dibubarkan

jpnn.com - JAKARTA - Usia Tim Pengawas Bank Century DPR sepertinya bakal berlanjut. Sebab, dari pandangan fraksi-fraksi di Paripurna DPR, Kamis (19/12) diketahui hanya dua fraksi yang tegas menolak masa kerja Timwas diperpanjang. Keduanya adalah Fraksi Demokrat dan Fraksi PPP.

Dua fraksi yang merupakan bagian dari koalisi ini menilai kinerja penegak hukum harus tetap diawasi dalam menangani kasus bailout Bank Century. Namun, pengawasan tidak lagi dilakukan oleh Timwas Century tapi cukup oleh komisi III.

"Kami tidak ingin hentikan kasusnya, 4 tahun usia Timwas tak lebih dari kerja Pansus yang sudah dilakukan. Artinya kasus Century secara politik sudah selesai, secara hukum memang belum selesai, karena itu perlu Komisi III mengawasinya," kata juru bicara FPD, Achsanul Qosasi menyampaikan pandangan fraksinya.

Sementara itu Jubir FPPP, sependapat kerja Timwas bisa diperluas, baik terkait materi maupun alat kelengkapan dewan yang ada di DPR. Sehingga PPP meminta Timwas Century diakhiri dan pengawasan dilanjutkan di dalam kerja-kerja alat kelengkapan yang lain, baik di komisi III maupun komisi XI.

Sementara itu Fraksi Golkar, PDIP, PKS, Gerindra, dan Hanura tegas meminta Timwas Century diperpanjang. Dua fraksi lain, FPAN, dan PKB diperpanjang dengan syarat cakupan kerja Timwas diperluas untuk menangani kasus hukum besar lain seperti kasus BLBI.

"Setelah mengingat menimbang, Fraksi Golkar memutuskan agar masa tugas Timwas Century diperpanjang sampai 30 September 2013. Demikian ketua," kata Bambang Soesatyo.

Setelah mendengar pandangan fraksi-fraksi, Wakil Ketua DPR Pramono Anung yang memimpin Paripurna berembug dengan pimpinan-pimpinan fraksi untuk memutuskan mekanisme penentuan putusan, sebaba pandangan fraksi tidak sebagai penentuan. Hasilnya, keputusan diambil lewat voting.

"Ada dua opsi, diperpanjang sampai 30 September 2014 atau diserahkan ke komisi terkait," kata Pramono. Saat ini proses pemungutan suara penentuan masa tugas Timwas sedang berlangsung.(Fat/jpnn)


JAKARTA - Usia Tim Pengawas Bank Century DPR sepertinya bakal berlanjut. Sebab, dari pandangan fraksi-fraksi di Paripurna DPR, Kamis (19/12) diketahui


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News