Hanya Raih 1 Perunggu di SEA Games 2023 Kamboja, PB IKASI Segera Lakukan Evaluasi Total

Hanya Raih 1 Perunggu di SEA Games 2023 Kamboja, PB IKASI Segera Lakukan Evaluasi Total
Firtian Judiswandarta (tengah) dan Roy Singh (Kiri) saat memberikan keterangan. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, PHNOM PENH - Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI), Firtian Judiswandarta mengatakan akan ada evaluasi dan perbaikan tata kelola organisasi terkait hasil 1 medali perunggu yang diraih Timnas Anggar Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja.

"Kita akan lakukan evalusi mekanisne Pelatnas juga perbaikan tata kelola organisasi menjadi agenda utama PB IKASI dalam rangka meningkatkan prestasi anggar Indonesia ke depan. Pak Amir Yanto selaku Ketua Umum PB IKASI sudah menyetujui agenda utama tersebut yang bertujuan mengembalikan kejayaan anggar Indonesia," kata Firtian Judiswandarta seusai menyaksikan Timnas Anggar Indonesia mengalahkan Brunai Darussalam pada laga perebutan peringkat ketiga yang berlangsung di Hall B Throy Changvar Phnom Penh, Kamboja, Senin (15/5/2023).

Judis, panggilan akrabnya, cukup memaklumi hanya 1 medali perunggu yang mampu disumbangkan bagi Kontingen Indonesia mengingat ada beberapa atlet berprestasi yang dihalangi untuk bergabung dengan Timnas Anggar Indonesia.

Selain itu, jelas Judis, waktu pelatnas ternasuk Trainning Camp (TC) ke Hungaria hanya sebulan membuat hasil maksimal tidak terpenuhi.

"Adanya atlet dihalangi bergabung ke pelatnas membuat kekuatan Timnas Anggar Indonesia berkurang. Begitu juga singkatnya jadwal pelatnas dan TC ke Hungaria ikut mempengaruhinya," jelasnya.

Judis meminta Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) pimpinan Raja Sapta Oktohari dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mempertimbangkan keseriusan PB IKASI dalam melakukan pembinaan dengan memberikan kesempatan kepada Timnas Anggar Indonesia tampil di Asian Games 2023 Hangzhou, China, September 2023 mendatang.

Pasalnya, PB IKASI sudah merencanakan akan melakukan seleksi nasional untuk memilih atlet terbaik. Mereka yang terpilih akan dimasukkan dalam Timnas Anggar Indonesia yang akan menjalani pelatnas dan TC di Korea Selatan (Korsel) dan China dalam rangka persiapan Asian Games 2023 Hangzhou.

"PB IKASI tidak lagi berafiliasi melakukan TC di Eropa. Namun, kita akan mengirimkan Timnas Anggar Indonesia menjalani TC di Korsel dan China yang sudah melahirkan juara dunia. Dan, saya juga sudah menghubungi federasi anggar Korsel dan China untuk TC itu dan kedua negara juga sudah setuju," ungkapnya.

PB IKASI mengatakan akan ada evaluasi dan perbaikan tata kelola organisasi terkait hasil 1 medali perunggu yang diraih Timnas Anggar pada SEA Games 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News