PB Ikasi: Perolehan Medali di SEA Games 2023 Jadi Momentum Tingkatkan Prestasi Anggar Nasional

PB Ikasi: Perolehan Medali di SEA Games 2023 Jadi Momentum Tingkatkan Prestasi Anggar Nasional
Ketua PB IKASI Amiryanto (lima dari kanan) saat menyerahkan bonus peraih medali Anggar di SEA Games 2023. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB Ikasi) menyatakan perolehan medali cabor anggar di ajang SEA Games 2023 Kamboja akan jadi momentum untuk meningkatkan prestasi atlet. 

Pada pesta olahraga dua tahunan antar negara Asia tenggara tersebut, Timnas Anggar mempersembahkan satu medali perunggu di nomor Beregu Sable Putra yang diperkuat Ricky Dhisulima, Irfandi Nurkamil dan Dita Afriadi.

"Dengan perolehan medali, mudah-mudahan ini suatu awal yang baik untuk meningkatkan anggar ke depan. Oleh karena itu kami sampaikan ke pengurus, mari kita bersama-sama tingkatkan prestasi. Jadi antara pengurus, atlet, pelatih dewan juri, tidak ada yang lebih tinggi," kata Ketua Umum PB Ikasi Amir Yanto saat acara penyambutan tim anggar Indonesia sekaligus pemberian bonus di Teras Budhe, Jakarta Selatan, Jumat (19/5/2023) malam.

Untuk meningkatkan prestasi yang diinginkan tersebut, PB Ikasi akan menggelar seleksi nasional (seleknas). Nantinya fencer terbaik akan dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) jangka panjang guna menyongsong berbagai kejuaraan tingkat internasional. 

"Jangka pendek kami adakan seleknas, artinya yang sudah ada kami seleksi. Kami ambil atlet terbaik untuk melakukan pelatnas jangka panjang dalam rangka untuk meningkatkan prestasi," terangnya.

Salah satu event yang sedang disongsong anggar Indonesia adalah Asian Games 2023 Hangzhou yang pelaksanaannya baru akan digelar pada 8 September hingga 8 Oktober 2023 mendatang.

Para atlet yang lolos seleknas, nantinya akan dikirim ke Korea Selatan dan China untuk menjalani training camp (TC). Untuk itu, PB Ikasi meminta NOC Indonesia dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung program pembinaan anggar.

Karena federasi anggar nasional juga ingin mengembalikan kejayaan olahraga ini yang pernah meloloskan atletnya ke Olimpiade. Terakhir, atlet anggar putri Indonesia Diah Permatasari tampil di Olimpiade 2012 London.

PB Ikasi menyatakan perolehan medali cabor anggar di ajang SEA Games 2023 Kamboja akan jadi momentum untuk meningkatkan prestasi atlet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News