Hanya Satu SMP Negeri Siap UNBK

Hanya Satu SMP Negeri Siap UNBK
Siswa-siswi SMP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MANADO - jpnn.com - Dari 90 SMP di Kota Manado, Sulut, hanya enam yang siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Lima di antaranya sekolah swasta.

SMP negeri hanya satu. Yakni SMP Negeri 1 Manado. Itu pun harus numpang dengan SMK Negeri 1 Manado.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado Dr Deysie Lumowa MPd mengatakan, sekolah yang mengikuti UNBK ini sudah dipersiapkan sebelumnya.

“Penyelenggara UNBK harus benar-benar siap. Baik dari segi fasilitas, jaringan, hingga pendamping nanti,” ujar Lumowa.

Mantan Kepsek SMA N 1 Manado ini mengingatkan, masing-masing sekolah yang sudah diamanatkan mengikuti UNBK wajib melakukan sosialisasi pada para siswa termasuk guru agar tak ada kesalahan nantinya.

“Ujicoba nanti harus ada. Ini untuk mengantar anak-anak mengerti UNBK. Agar bisa terlihat apa hambatan yang kemungkinan bisa terjadi di hari H nanti,” tukasnya.

Selain SMP 1 Manado, lima sekolah swasta lain yang bakal jadi penyelenggara UNBK adalah SMP Eben Haezer 1, SMP Eben Heazer 2, SMP Dian Harapan, SMP Frater Don Bosco.

Sekolah yang akan menghadapi UNBK telah ditinjau langsung Kepala Bidang SMP beserta staf. Karena mereka harus ada persiapan lebih baik.

Dari 90 SMP di Kota Manado, Sulut, hanya enam yang siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Lima di antaranya sekolah swasta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News