Hanya Tiga Calon yang Layak

ICW Tolak Polisi dan Jaksa

Hanya Tiga Calon yang Layak
Hanya Tiga Calon yang Layak
JAKARTA - Jumlah bakal calon pimpinan KPK makin menyusut. Dari 144 calon hanya tersisa tujuh calon yang berhasil melewati ujian seleksi hingga tahap tiga. Setelah melewati tes kepribadian (profile asessment), ketujuh calon akan mengikuti tes wawancara, sekaligus penelusuran rekam jejak masing-masing calon yang dilakukan Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MAPPI).

Dari ketujuh calon tersebut, terdapat nama-nama tenar seperti Ketua KY Muhammad Busyro Muqoddas, Mantan Ketua MK Jimly Asshiddique, anggota DPD I Wayan Sudirta dan pengacara Bibit-Chandra, Bambang Widjojanto. Namun, ICW menilai dari ketujuh orang, hanya tiga calon yang dinilai memenuhi kriteria sebagai pimpinan KPK. "Kita lihat baru tiga orang yang layak dan memenuhi syarat sebagai ketua KPK," ujar Wakil Koordinator ICW Emerson Juntho, ketika dihubungi, kemarin (7/8).

Ketika ditanya soal ketiga calon tersebut, dia menolak menyebutkan. Emerson hanya menambahkan, keempat calon yang lain tidak perlu dipertimbangkan lagi oleh Pansel Pimpinan KPK. "Tidak etis lah kalau disebut. Tapi empat yang lain tidak perlu dipertimbangkan," imbuhnya.

Selain itu, dia juga menegaskan bahwa ICW tetap akan menolak calon yang berasal dari unsur polisi, jaksa dan pengacara pembela koruptor. LSM antikorupsi itu menganggap, unsur jaksa dan polisi dalam lingkup kepemimpinan KPK, bisa menimbulkan subjektivitas di dalam KPK dalam pengusutan kasus korupsi yang melibatkan aparat penegak hukum. "Kita tetap konsisten menolak unsur dari jaksa dan polisi. Kita tidak membenci institusinya, tetapi lebih ke arah person to person," paparnya.

JAKARTA - Jumlah bakal calon pimpinan KPK makin menyusut. Dari 144 calon hanya tersisa tujuh calon yang berhasil melewati ujian seleksi hingga tahap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News