Harapan BKSP DPD untuk Joe Biden-Kamala Harris

Harapan BKSP DPD untuk Joe Biden-Kamala Harris
Presiden dan wakil presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden dan Kamala Harris. Foto: Reuters/Lucas Jackson

jpnn.com, JAKARTA - Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris pada Pemilu Presiden Amerika Serikat, yang digelar 3 Novemver 2020 yang lalu.

Calon Partai Demokrat, Joe Biden dan Senator Kamala Harris, Minggu (8/11),  dinyatakan unggul melalui proyeksi penghitungan suara di negara-negara bagian yang belum selesai melakukan penghitungan pada tingkat TPS seperti Pennsylvania, Georgia, dan Nevada. Sehingga sulit untuk dikejar oleh petahana dari Partai Republik, pasangan capres Donald J. Trump dan Mike Pence.

“Atas nama pribadi dan BKSP DPD RI, saya menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Joe Biden dan Senator Kamala Harris. Kami berharap kerja sama di bidang demokrasi, multilateralisme dan ekonomi dapat terus diperkuat, juga di bidang kerja sama antarparlemen,” kata Ketua BKSP DPD Gusti Farid Hasan Aman dalam siaran pers, Senin (9/11).

Joe Biden dan Kamala Harris mendapat 290 dari 538 kursi electoral (electoral college), melebihi anggka minimal 270 untuk dinyatakan sebagai pemenang.

Apabila tidak ada sengketa hukum pemilu yang serius, maka perwakilan 538 electoral college dijadwalkan berkumpul di Washington D.C,  12 Desember 2020 untuk seremoni penyampaian hasil pilpres di masing-masing negara bagian.

Selain itu, juga menetapkan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakila Presiden America Serikat, yang akan mulai bertugas pada 20 Januari 2021.

“Inisiatif-inisiatif kerja sama ekonomi yang ada dan saling menguntungkan kedua pihak perlu dipertahakan. Ekspor Indonesia semoga dapat terus diberikan kemudahan untuk bersaing di pasar Amerika Serikat," kata Wakil Ketua BKSP DPD Richard Hamonangan Pasaribu.

Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara sehingga dipandang sebagai pemimpin alamiah ASEAN di bidang ekonomi, militer dan sosial-budaya, sedangkan Amerika Serikat adalah kekuatan ekonomi yang menguasai 25 persen GDP dunia.

BKSP DPD menyambut kemenangan Joe Biden - Kamala Harris di Pilpres AS dengan sejumlah harapan. Apa saja harapan mereka?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News