Harapan Wapres kepada Laksamana Yudo Margono soal Papua

Harapan Wapres kepada Laksamana Yudo Margono soal Papua
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bersiap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (2/12). Laksamana TNI Yudo Margono merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo. Foto : Ricardo

jpnn.com, BIAK NUMFOR - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengharapkan Laksamana TNI Yudo Margono dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Tanah Papua.

Laksamana Yudo sebelumnya ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang hendak pensiun.

"Panglima yang baru tentu akan melanjutkan kebijakan-kebijakan yang sudah ada," kata Ma'ruf Amin di Pangkalan TNI Angkatan Udara Manuhua, Biak Numfor, Papua, Jumat (2/12).

Komisi I DPR RI telah menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai panglima TNI dalam rangka pensiun.

DPR sekaligus menyetujui Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI.

Wapres pun berharap pemetaan keamanan di Papua lebih diintensifkan karena di wilayah itu terdapat tiga provinsi daerah otonomi baru (DOB).

"Sehingga dengan di wilayah, dengan adanya DOB-DOB ini petanya makin jelas masing-masing wilayah DOB ini," ujar Wapres Ma'ruf.

Yudo Margono sebelumnya menyampaikan bakal mengevaluasi pendekatan keamanan di Papua ketika dia resmi menjadi Panglima TNI.

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan harapan begini kepada Laksamana Yudo Margono yang ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News