Harga Bawang Naik

Harga Bawang Naik
Harga Bawang Naik
MALANG – Harga bawang merah dan bawang putih di pasar tradisional kota Malang terus naik dalam sepekan terakhir. Kenaikan harga ini dipicu minimnya stok kedua jenis bahan pokok ini baik di tingkat distribusi dan pedagang. Kondisi ini menyebabkan masyarakat terus menjerit lantaran dikhawatirkan akan diikuti kenaikan harga bumbu lainnya.

Pantauan di Pasar Besar Kota Malang, terlihat harga bawang putih di pedagang mencapai Rp 80 ribu per kilogram untuk jenis cutting. Sedangkan, bawang putih Shicu, produk impor dari China hingga mencapai harga Rp 70 ribu per kg. Bawang putih Shicu sebelumnya hanya Rp 32 per kg, sedangkan yang cutting harga awalnya Rp 35 ribu.

Sementara, untuk harga bawang merah kini ikut naik pelan-pelan menjadi Rp 40 ribu per kg. Sebelumnya, harga bawang merah tertingi pada harga Rp 22,5 ribu.

‘’Kenaikan ini mulai terasa empat hari yang lalu,” terang Nur Yakin, pemilik Toko Sari Tahu di Pasar Besar kepada Malang Post (Grup JPNN), Senin (11/3).

Menurut Nur, faktor kelangkaan stok bawang putih bisa jadi karena tersendatnya pengiriman bawang putih dari China ke distributor di kota Malang. Akibat stok mulai berkurang dan permintaan tinggi sehingga harga di pasaran menjadi terus naik. Sedangkan, untuk bawang merah diprediksi karena buruknya cuaca akhir-akhir ini, seperti curah hujan yang terus meninggi.

MALANG – Harga bawang merah dan bawang putih di pasar tradisional kota Malang terus naik dalam sepekan terakhir. Kenaikan harga ini dipicu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News