Harga BBM Tetap, Belanja Pemerintah Diperketat

Harga BBM Tetap, Belanja Pemerintah Diperketat
Harga BBM Tetap, Belanja Pemerintah Diperketat
JAKARTA - Pengetatan anggaran belanja akan menjadi opsi pemerintah untuk mengantisipasi jebolnya anggaran subsidi akibat tidak adanya penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

"Pengetatan anggaran yang utama tentu adalah yang sekarang ini baru disetujui terkait dengan APBN P itu dana-dana penyesuaian, dana kompensasi, dan dana yang sifatnya non-operasional itu akan kita tahan," ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo di Jakarta, Jumat (13/4).

Menurutnya, jika harga minyak dunia ke depan tetap meningkat tentu saja langkah yang harus diambil pemerintah dengan penyesuaian BBM. Pasalnya, jika harga BBM tidak dinaikkan maka imbasnya ke anggaran-anggaran lain yang dialokasikan untuk menutupi peningkatan subsidi energi.

"Itu tentu akan membuat pos-pos untuk kegiatan yang lain baik sosial, infrastruktur, kegiatan yang penting untuk masyarakat harus ditunda. Jadi kalau dilihat dari prioritasnya, kita harus membatasi subsidi energi agar tidak terlalu besar,"ungkapnya.

JAKARTA - Pengetatan anggaran belanja akan menjadi opsi pemerintah untuk mengantisipasi jebolnya anggaran subsidi akibat tidak adanya penyesuaian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News