Harga BBM Tetap, Inflasi Lebih Terkendali

Harga BBM Tetap, Inflasi Lebih Terkendali
Harga BBM Tetap, Inflasi Lebih Terkendali
JAKARTA – Pemerintah optimis laju inflasi sepanjang tahun 2012 akan terkendali menyusul batalnya kenaikan bahan bakar minyak (BBM) pada April lalu. Dalam APBN-P 2012, asumsi laju inflasi dipatok 6,8 persen. Namun dengan batalnya penyesuaian harga BBM, maka inflasi bisa berada pada level 5,3 persen.

“Kalau sekarang dalam APBN P inflasi sebesar 6,8 persen, jika tidak dilakukan penyesuaian harga BBM itu realisasi kita bisa berada di kisaran 5,3 persen atau lebih rendah dari itu,” ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo di Jakarta, Rabu (16/5).

Menurutnya, pemerintah saat menyusun APBNP 2012 sudah memasukkan faktor kenaikan harga BBM sebesar Rp.1.500 per liter meski akhirnya kebijakan itu gagal direalisasikan.

“Pemerintah berkeyakinan kalau menaikan harga BBM atau tidak, kita akan bisa menjaga fiskal dalam keadaan yang sehat dan kita mempunyai cadangan memadai untuk merespon kondisi fiskal. Kita berkomitmen akan mengawasi dan menjaga inflasi di Indonesia,” terangnya.

JAKARTA – Pemerintah optimis laju inflasi sepanjang tahun 2012 akan terkendali menyusul batalnya kenaikan bahan bakar minyak (BBM) pada April

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News