Harga Bensin Subsidi Bisa Naik

Jika Selama Maret Harga ICP Masih di atas USD 100/barel

Harga Bensin Subsidi Bisa Naik
Harga Bensin Subsidi Bisa Naik
JAKARTA - Harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) telah melampaui asumsi makro Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011.  Selama Februari 2011, harga ICP telah menembus USD 100 per barel. Padahal, dalam APBN 2011, harga ICP diasumsikan USD 80 per barel.

       

Anggota Badan Anggaran DPR Muhammad Romahurmuziy mengatakan,  bila rata-rata ICP Maret nanti bertengger di kisaran USD 90 per barrel maka pemerintah bisa menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi.

Dia menjelaskan, sesuai dengan Pasal 7 Undang-Undang APBN 2011, pemerintah berhak menyesuaikan harga BBM subsidi bila harga rata-rata ICP melebihi 10 persen dari asumsi makro. "Kenaikan harga BBM subsidi itu diperlukan ini agar tidak terjadi pembengkakan subsidi," ujarnya di Jakarta, Kamis (3/3).

Berdasarkan asumsinya, jika ICP mencapai USD 100 per barrel dengan kurs Rp 9.250 per USD, akan terjadi pembengkakan subsidi maksimum sebesar Rp 76 triliun. Selanjutnya Romahurmuziy memaparkan berbagai kemungkinan kenaikan bensin subsidi pada asumsi ICP dan kurs yang berbeda-beda.

JAKARTA - Harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) telah melampaui asumsi makro Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News