Harga Cabai Anjlok, Tomat Melejit

Harga Cabai Anjlok, Tomat Melejit
Harga Cabai Anjlok, Tomat Melejit

jpnn.com - TUBAN – Harga cabai di Pasar Baru Tuban (PBT) dalam dua pekan terakhir terjun bebas. Jika sebelumnya Rp 15 ribu–20 ribu per kilogram (kg), kini harga cabai anjlok, manjadi sekitar Rp 5 ribu.

Sulikah, 37, pedagang bumbu dapur di PBT, mengatakan bahwa harga cabai anjlok lantaran stok melimpah. Komoditas cabai yang saat ini membanjiri pasar tradisional tidak hanya berasal dari bumi pertanian Tuban. Sejumlah daerah lain juga ikut membanjiri. ”Makanya, stok semakin melimpah,” katanya Senin (26/5).

Sebelumnya harga cabai rawit merah dan hijau Rp 15 ribu–20 ribu, kini anjlok menjadi Rp 5 ribu–6 ribu.

Begitu juga cabai keriting; sebelumnya Rp 10 ribu, kini Rp 5 ribu. Cabai besar sebelumnya Rp 15 ribu, kini hanya Rp 10 ribu. ”Kemungkinan ini akan bertahan hingga bulan Ramadan mendatang. Sebab, saat ini memang musimnya panen cabai,” tutur pedagang bumbu asal Kecamatan Merakurak itu.

Sebaliknya, harga tomat meningkat. Jika sebelumnya Rp 2.000–2.500 per kg, kini harganya Rp 5.000. Kenaikan terjadi sejak sepekan terakhir. ”Kenaikannya berkala dan ini sudah terjadi dalam sepekan terakhir,” tutur Darnati, pedagang lain bumbu dapur di PBT.

Darnati mengatakan, bumbu dapur jenis tomat naik karena banyak petani di Tuban gagal panen. Pada saat yang sama, stok dari luar tidak sebanyak seperti halnya stok cabai yang melimpah. ”Namun, meski harganya naik dua kali lipat, stoknya masih tetap ada dan tidak kurang,” ujarnya. (tok/JPNN/c1/bh)


Berita Selanjutnya:
Umur 61 Tahun Bisa jadi PPPK

TUBAN – Harga cabai di Pasar Baru Tuban (PBT) dalam dua pekan terakhir terjun bebas. Jika sebelumnya Rp 15 ribu–20 ribu per kilogram


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News