Harga Cabai Rawit di Jember Meroket, Jadi Rp 120 Ribu Per Kilogram

Harga Cabai Rawit di Jember Meroket, Jadi Rp 120 Ribu Per Kilogram
Harga cabai merah di Jember Jawa Timur meroket hingga capai Rp 120 ribu per kilogram. Foto dok Kementan

jpnn.com, JEMBER - Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jember, Jawa Timur terus meroket hingga mencapai Rp 120 ribu per kilogram.

"Harga cabai rawit terus melonjak naik dan kami menjual cabai per bungkus Rp 6.000 dengan berat setengah ons karena harga cabai di pasar sudah menembus Rp120 ribu per kilogram," kata pedagang sayur keliling di Jember, Sutikno, Jumat.

Menurutnya kenaikan ini merupakan yang tertinggi selama tiga bulan terakhir.

"Banyak ibu rumah tangga yang mengeluhkan kenaikan harga cabai yang meroket," tutur Sutikno.

Pedagang di Pasar Kreyongan Syaiful mengatakan harga cabai rawit di pasar tradisional itu perlahan-lahan mengalami kenaikan selama sepekan terakhir. Pada pekan lalu, kata dia, harga cabai rawit di kisaran Rp 70 ribu hingga Rp80 ribu per kilogram.

"Sepekan ini harga cabai terus naik hingga mencapai Rp 110 ribu per kilogram di tingkat pedagang besar dan kemungkinan dijual ke konsumen Rp 120 ribu per kilogram," kata dia.

Dia menjelaskan permintaan pada komoditas cabai meningkat karena banyak hajatan dan acara keagamaan yang digelar warga. Di sisi lain, Syaiful menyebutkan, pasokan dari petani juga terbatas, sehingga menyebabkan harga cabai meroket.

Sementara Kasi Pengembangan Usaha dan Promosi Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri Disperindag Jember Eko Wahyu Septantono mengatakan, kenaikan harga cabai rawit di pasaran karena permintaan banyak tidak diimbangi dengan pasokan komoditas tersebut ke pedagang.

Harga cabai meroket di sejumlah pasar di Jember, Jatim. Harga cabai mencapai Rp 120 ribu per kilogram.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News