Harga Cabai Tunggu Panen Raya

Harga Cabai Tunggu Panen Raya
Harga Cabai Tunggu Panen Raya

jpnn.com - SURABAYA-Harga cabai meningkat drastis selama sebulan terakhir. Bahkan, kenaikan harga cabai menyamai pada momen puasa dan hari raya tahun lalu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Budi Setiawan mengatakan harga cabai meningkat beberapa minggu terakhir. Menurutnya, kenaikan harga cabai itu disebabkan produksi yang mengalami penurunan.

"Seperti cabai rawit, harganya sekitar Rp 26.000 sampai dengan Rp 29.000 per kg. Hampir menyamai harga ketika bulan puasa dan hari raya tahun lalu. Kenaikan itu disebabkan musim hujan, sehingga produksi menurun. Tapi, pasokan di pasar tetap lancar, tidak ada kelangkaan cabai," katanya kemarin (9/1).

Sementara secara terpisah, Ketua Asosiasi Agrobisnis Cabai Indonesia (AACI) Jatim Sukoco mengatakan harga di tingkat petani masih tinggi. Saat ini, harga rata-rata cabai kualitas baik di tingkat petani untuk cabai merah besar 28 ribu per kg, cabai keriting Rp 29 ribu per kg, rawit merah Rp 21 ribu per kg, rawit hijau Rp 14 ribu per kg.  

"Nanti setelah panen raya sekitar pertengahan Februari baru terlihat, apakah terjadi penurunan atau justru malah naik. Kalau naik, berarti ada faktor lain yang mempengaruhi.

Misalnya, hujan yang bekepanjangan sehingga membuat cabai cepat membusuk. Sebab kalau dari sisi on farm, mencukupi. Tidak hanya untuk Jatim, tapi juga luar provinsi dan luar pulau," kata dia.

Total luas areal tanam cabai merah dan keriting di Jatim sekitar 1.800-2.200 hektare yang tersebar di berbagai daerah. Lima daerah utama penghasil cabai merah antara lain Blitar, Banyuwangi, Kediri, Malang dan Lumajang.

Sedangkan untuk total luas areal tanam cabai rawit 8.000 hektare. Terbesar di Banyuwangi, Kediri, Trenggalek, Tuban, Lamongan, Mojokerto bahkan merata di seluruh daerah di Jatim. "Rata-rata produktivitas per hektare untuk cabai merah besar sekitar 8-12 ton, sedangkan cabai rawit 6-8 ton," katanya.

SURABAYA-Harga cabai meningkat drastis selama sebulan terakhir. Bahkan, kenaikan harga cabai menyamai pada momen puasa dan hari raya tahun lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News