Harga Emas Turun Efek Dollar Menguat

Harga Emas Turun Efek Dollar Menguat
Harga Emas Turun Efek Dollar Menguat

jpnn.com - JAKARTA – World Gold Council (WGC) melangsir jumlah permintaan emas kuartal III tahun ini memang merupakan tingkat paling rendah sejak kuartal IV tahun 2009.

Menurunnya harga emas global tidak membuat permintaan dari pasar meningkat. Permintaan emas pada kuartal III-2014 turun 2 persen menjadi hanya 929 ton, dibandingkan kuartal sebelumnya yang sebanyak 964 ton. Demikian dilansir dari CNBC, Sabtu (14/11).

Ketidakjelasan harga emas membuat investor menahan diri untuk membeli emas, Salah satu penyebabnya adalah penguatan dollar AS yang dipicu oleh data positif ekonomi AS. Kendati demikian, penurunan harga emas tertahan oleh kenaikan permintaan fisik emas.Sekadar tambahan informasi, harga emas saat ini mengalami penurunan untuk pekan ketiga dalam empat pekan terakhir.

Tercatat harga emas dunia pada kuartal ketiga mencapai USD1.325 per once, namun selama periode tiga bulan terakhir dibanderol USD 1.208. Terakhir tercatat emas diperdagangkan seharga USD1.160. Di Tiongkok, permintaan akan emas juga mengalami penurunan sebesar 4 persen pada tahun ini, dengan total 534 ton.

Tapi India malah menunjukan hal yang sebaliknya, permintaan akan emas melonjak hingga 60 persen ke angka 183 ton pada kuartal saat ini. Semntara India tetap tertarik untuk membeli emas berkat perubahaan pemerintahan di India yang saat ini dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi. (cr-05)


JAKARTA – World Gold Council (WGC) melangsir jumlah permintaan emas kuartal III tahun ini memang merupakan tingkat paling rendah sejak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News