Sabtu, 24 Februari 2018 – 09:13 WIB

Harga Gabah Turun, Tim Sergab Kementan Langsung Beraksi

Rabu, 07 Februari 2018 – 15:41 WIB
Harga Gabah Turun, Tim Sergab Kementan Langsung Beraksi - JPNN.COM

jpnn.com, PATI - Harga gabah usai panen raya di Desa Wotan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengalami penurunan. Hal ini dikhawatirkan menyebabkan para petani merugi.

Mengatasi hal itu, Tim Sergab (serap gabah petani) langsung turun tangan, di bawah koordinasi Kementerian Pertanian. Tim yang anggotanya dari unsur Kodim dan BRI itu membeli gabah secara tunai.

Mentan Andi Amran Sulaiman mengatakan, harga gabah di Pati hampir sama dengan di Sukabumi di kisaran Rp 3.800 hingga Rp 4.200.

“Kami ingin memuliakan petani, maka kami hadir di sini,” kata Andi di hadapan ratusan petani, Rabu (7/2).

Sementara Bupati Pati Haryanto mengatakan, luas panen pada musim raya di Pati mencapai 58 ribu hektare. Seluas 1.700 hektare di antaranya ada di Desa Wotan.

“Pati dengan penduduk 1,2 juta jiwa, surplus beras 285 ribu ton pada 2017 dan diperkirakan surplus 350 ribu ton pada 2018,” kata dia.

Sehingga beras dari Pati bisa dimanfaatkan memberi makan warga di kabupaten lain. Dia juga meminta agar Bulog bisa mengisi stok dari beras yang ada di Pati.

Di hadapan Mentan Andi Amran, Haryanto juga menyampaikan terima kasih karena telah membantu memberikan 515 unit mesin, rehabilitasi irigasi hingga asuransi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar