Harga Garam Anjlok Saat Panen

Harga Garam Anjlok Saat Panen
Harga Garam Anjlok Saat Panen
SURABAYA - Panen perdana garam yang berlangsung sejak bulan ini tidak diimbangi dengan harga garam yang membaik. Harga malah anjlok lantaran stok garam impor masih memenuhi gudang industri pengolahan garam. Saat ini harga rata-rata garam untuk kualitas pertama hanya Rp 400 per kg.

Padahal, Peraturan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan tentang Penetapan Harga Penjualan Garam Di Tingkat Petani Garam menyatakan harga terendah untuk garam kualitas pertama Rp 750 per kg. Sedangkan untuk kualitas kedua Rp 550 per kg. Aturan tersebut berlaku sejak 5 Mei 2011.

 

Kabid Kepala Bidang Kelautan Pesisir dan Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jatim Eryono mengatakan sejak awal bulan lalu harga garam tercatat Rp 400 per kg. Harga itu turun dari sebelumnya sebesar Rp 450 per kg. Sedangkan, tahun lalu ketika menjelang berakhirnya panen harga sempat berada di posisi Rp 750 per kg.

"Kalau tidak ada garam impor yang masuk ke pasaran, tentu harga bisa sesuai dengan ketentuan, yakni sebesar Rp 750 per kg. Tapi, ternyata hukum ekonomi lebih kuat. Selama stok garam impor masih ada, penyerapan industri pengolahan terhadap garam rakyat tidak terlalu tinggi karena harus menghabiskan stok impor," katanya saat ditemui Jawa Pos, Senin (30/7).

SURABAYA - Panen perdana garam yang berlangsung sejak bulan ini tidak diimbangi dengan harga garam yang membaik. Harga malah anjlok lantaran stok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News