Harga Kedelai Melambung, Pabrik Tahu Terpuruk

Harga Kedelai Melambung, Pabrik Tahu Terpuruk
Harga Kedelai Melambung, Pabrik Tahu Terpuruk
SOREANG - Sejumlah pabrik tahu di Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung gulung tikar. Sedikitnya, saat ini, di kawasan itu hanya dua pabrik yang masih bertahan.

Kondisi itu diakibatkan melambungnya harga bahan baku tahu, seperti kacang kedelai dan meningkatnya biaya operasional. Salah seorang pemilik pabrik tahu di Kecamatan Cangkuang yang masih bertahan, Oden, mengatakan, dirinya terpaksa bertahan dan masih menjalankan usaha, meski harga bahan baku saat ini sangat meroket.

“Kendati keuntungan yang  didapatkan saat ini hanya 50 persen, saya tetap mengoperasikan pabrik. Dengan sisa-sisa modal yang saya miliki, saya berupaya agar usaha tetap jalan,” kata Oden kepada Bandung Ekspres (grup JPNN), Sabtu (12/2).

Menurut Oden, harga bahan baku tahu, seperti kacang kedelai, mengalami kenaikan hingga mencapai Rp7.500 per kilogram. Padahal, sebelumnya, harga kacang kedelai  hanya Rp5.000 per kilogram.

SOREANG - Sejumlah pabrik tahu di Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung gulung tikar. Sedikitnya, saat ini, di kawasan itu hanya dua pabrik yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News