Harga Pangan Naik, Mendagri Tito Karnavian Minta Satgas Ini Bergerak

Harga Pangan Naik, Mendagri Tito Karnavian Minta Satgas Ini Bergerak
Mendagri Tito Karnavian. Foto: dokumen JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta satuan tugas (Satgas) Pangan di daerah segera bergerak mengendalikan stabilitas harga pangan.

Dia meminta tolong agar Satgas Pangan mengadakan pertemuan di daerah masing-masing guna membahas stabilitas harga dan ketersediaan pangan di daerahnya.

"Mengambil langkah-langkah, baik memenuhi suplai maupun untuk menjaga agar distribusi betul-betul lancar,"ucap Tito dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Jumat (18/3).

Mantan Kapolri itu menekankan bahwa pangan merupakan kebutuhan mendasar masyarakat. Bila terjadi persoalan maka akan berdampak ke berbagai aspek, mulai politik hingga keamanan.

Tito pun menyinggung kenaikan harga sejumlah komoditas pangan harus ditindaklanjuti agar kembali stabil.

Pekerjaan tersebut perlu ditangani serius, tidak hanya oleh pemerintah pusat tetapi juga pemda tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota.

Mendagri Tito Karnavian meminta Satgas Pangan pemda bekerja secara paralel dengan tim yang dibentuk Polri mengacu pada tugas masing-masing satgas.

Menurut dia, tugas yang paling utama Satgas Pangan tiap hari adalah memantau harga sembilan bahan pokok dan komoditas penting lainnya, seperti minyak goreng.

Mendagri Tito Karnavian meminta Satgas Pangan segera bergerak menyusul harga pangan naik di berbagai daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News