Harga Rica Keriting Naik Lagi

Harga Rica Keriting Naik Lagi
Pedagang di pasar tradisional. Harga cabai mulai turun. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, TERNATE - Harga bawang, rica atau cabai dan tomat (barito) di Kota Ternate mengalami kenaikan. Ini sesuai pantauan Malut Post di Pasar Barito Bahari Berkesan, kemarin (3/5).

Menurut Ina, pedagang, harga rica nona naik dari Rp 55 ribu menjadi Rp 70 ribu per kilogram. Rica Keriting harganya naik tajam dari Rp 10 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Sedangkan Cabe rawit yang sebelumnya Rp 25 ribu, kemarin dijual dengan harga Rp 50 ribu per kilogram.

"Semua jenis barito mengalami kenaikan harga," ujarnya.

Sementara harga bawang merah, Rp 50 ribu, sebelumnya Rp 45 ribu per kilogram. "Kalau Bawang putih naik menjadi 60 ribu per kilogram, sebelumnya Rp 50 ribu per kilogram," kata Ina.

Sedangkan harga tomat naik 20 persen dari Rp 10 ribu menjadi Rp 12 ribu per kilogram. Harga lemon cui naik dari Rp 15 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram.

“Harga lemon nipis juga naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram,” jelasnya, seraya menambahkan stok mulai menipis sehingga memicu kenaikan harga.

Terkait dengan kenaikan harga karena stoknya menipis, ekonom Mukhtar Adam menuturkan pemda harus mengambil peran dalam menjaga kestabilan harga. Fungsi pengawasan yang dimaksud dilakukan setiap minggu.

“Harus melakukan pengecekan ke distributor untuk memastikan ketersediaan barang, agar pasokan tidak menipis sehingga mengganggu harga,” harapnya.

Harga bawang, rica atau cabai dan tomat (barito) di Kota Ternate mengalami kenaikan. Ini sesuai pantauan Malut Post di Pasar Barito Bahari Berkesan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News