Harga TBS Sawit di Riau Alami Kenaikan Selama Satu Pekan ke Depan

Harga TBS Sawit di Riau Alami Kenaikan Selama Satu Pekan ke Depan
Harga TBS Kelapa Sawit di Riau. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di Riau naik lagi. Menjadi Rp 2.676,04/Kg selama satu pekan ke depan.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Provinsi Riau Defris Hatmaja mengatakan tim penetapan harga telah melaksanakan rapat penetapan harga, Selasa (14/2).

Berdasarkan hasil penetapan harga TBS kelapa sawit penetapan minggu ke 7 periode 15 sampai dengan 21 Februari 2023 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

“Jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp 45,26/Kg atau mencapai 1,72% dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2.676,04/Kg,” kata Defris kepada JPNN.com.

Defris menjelaskan bahwa faktor penyebab naiknya harga TBS periode ini karena terjadinya kenaikan harga jual CPO dari perusahaan yang menjadi sumber data.

“Indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan kedepan yaitu 92,17%, harga penjualan CPO minggu ini naik sebesar Rp 287,53 dan kernel minggu ini turun sebesar Rp 281,91 dari minggu lalu,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa dari minggu lalu harga TBS yang ditetapkan oleh tim mengalami kenaikan.

“Kenaikan harga minggu ini lebih disebabkan karena faktor kenaikan harga CPO,” tutur Defris.

Asikk, harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di Riau naik lagi. Menjadi Rp 2.676,04/Kg selama satu pekan ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News