Harga Tiket Pesawat Naik karena Asian Games 2018?

Harga Tiket Pesawat Naik karena Asian Games 2018?
Pesawat Garuda. Ilustrasi Foto: dok.JawaPos.com

jpnn.com, MANADO - Jumlah penumpang pesawat rute penerbangan Manado – Jakarta meningkat sejak Asian Games 2018 dihelat. Dampaknya, harga tiket pesawat mengalami kenaikan.

Penelusuran Manado Post (Jawa Pos Group), di sejumlah situs penjualan tiket online, harga tiket ke Jakarta dari Manado mengalami peningkatan variatif. Jika biasanya harga termurah bisa berada di Rp 1 jutaan, sekarang harga tiket menuju ibu kota paling murah Rp 1,2 juta.

Bahkan, ada yang mencapai Rp 3 juta. Jumlah penumpang pun, walau sedikit, ada peningkatan. “Dalam sepekan terakhir, sejak 15 Agustus ada peningkatan sedikit untuk tujuan Jakarta. Yaitu tingkat isian berada di atas 80 persen, dari biasanya 70 persen. Dengan frekuensi 4 kali per hari,” ujar GM Garuda Indonesia Manado Donald Jerry.

Namun, Asian Games memang hanya sedikit meningkatkan jumlah penumpang. Untuk skala besar, pengaruhnya hampir tak terlihat. Di bandara misalnya. Arus lalu lintas penerbangan maupun penumpang tampak normal.

“Semua berjalan normal. Tidak ada kenaikan berlebih,” kata GM Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai.

Namun, dia memastikan, jika memang ada gejolak penumpang di momen-momen perhelatan Asian Games ini, pihaknya sudah siap. “Kita mendukung pelaksanaan Asian Games. Salah satunya dengan terus stand by jika memang dibutuhkan,” pungkas mantan GM Bandara Frans Kaisiepo Biak ini.

Di sisi lain, ekonom Sulut Joy Tulung Phd mengatakan, iven akbar ini nyatanya tidak berdampak besar bagi ekonomi daerah. “Dampak pertumbuhan ekonomi daerah tidak terasa, yang berdampak tentunya Jakarta dan Palembang serta sekitarnya,” ucap Tulung.

Akademisi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) ini berkata, di Sulut hanya kecil. Bahkan kenaikan tiket pesawat tidak menjadi patokan. “Harusnya berdampak terhadap sektor belanja masyarakat dan pariwisata. Tapi tentunya yang terasa adalah daerah Jabodetabek, Bandung serta Palembang dan sekitarnya. Akan kecil dampaknya dirasakan di Sulut,” terang tulung. (fgn)


Harga tiket pesawat penerbangan Manado – Jakarta dan sebaliknya mengalami kenaikan sejak Asian Games 2018 digelar.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News