Kamis, 22 November 2018 – 17:16 WIB

Hari Ini, Gamawan Dijadwalkan Lantik Bram-Katjong

Selasa, 17 Januari 2012 – 05:07 WIB
Hari Ini, Gamawan Dijadwalkan Lantik Bram-Katjong - JPNN.COM

MANOKWARI - Bertempat di Ballroom Aston Niu Hotel, Manokwari , Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi atas nama Presiden RI,dijadwalkan,hari ini,Selasa,17 Juli 2011 akan melantik Brigjen Marinir (Purn) Abraham Octavianus Atururi dan Drs Rahimin Katjong,MEd sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Papua Barat periode 2012-2017.
 
Proses pelantikan bakal berlangsung meriah dihadiri para pejabat pusat,Penjabat Gubernur Papua,anggota Muspida dan para bupati/walikota se Provinsi Papua Barat.
 
Penjabat Gubernur Papua Barat,Drs A Tanribali Lamo,SH mengatakan,Mendagri akan tiba di Manokwari,Selasa pagi sekitar pukul 09.00 Wit setelah melakukan perjalanan dari Gorontalo dengan pesawat carteran. Setelah istirahat sejenak di ruang VVIP Bandara Rendani,Mendagri dan rombongan langsung menuju Aston Niu Hotel.
   
Acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji yang dilangsungkan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPR Papua Barat dimulai pukul 10.00 Wit. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPRPB), Yoseph Yohan Auri akan memimpin rapat paripurna ini. ‘’Saya yang akan memimpin langsung rapat paripurna istimewa,’’ujar  Auri  kepada wartawan di kantornya, Senin (16/1).
  
Bagi Abraham O Atururi dan Rahimin Katjong,pelantikan ini bukan yang pertama kalinnya. Karena sebelumnya pada,24 Juli 2006 lalu,keduanya dilantik oleh Mendagri kala itu,Hari Sabarno,sebagai gubernur-wakil gubernur pertama (periode 2006-2011) Papua Barat yang dulunya bernama Irian Jaya Barat.
   
Ketua DPR Papua Barat menyatakan, semua anggota DPRPB diharapkan dapat  menghadiri rapat paripurna istimewa pelantikan gubernur-wakil gubernur ini     Undangan telah disebarkan ke semua anggota Dewan untuk mengikuti sidang paripurna.
   
Auri menyatakan,proses politik  Pemilukada telah berakhir. Segala perbedaan dihapus dan kini bersatu untuk mendukung gubernur dan wakil gubernur definitif yang akan memimpin provinsi ini 5 tahun kedepan. ‘’Mesti tidak ada penyataan kourum dalam rapat paripurna istimewa pelantikan kepala daerah,namun saya yakin,semua rekan-rekan anggota dewan akan hadir,’’ ujarnya.
   
Senin (16/1), DPRPB bersama Abraham O Atururi dan Rahimin Katjong menggelar gladi bersih di Ballroom,Aston Niu Hotel. Proses pelantikan dan pengambilan sumpah bakal berlangsung hikmad dan lancar karena keduanya sudah pernah dilantik pada periode sebelumnya.
   
Ketua Fraksi Rakyat Bersatu,Yance Yomaki yang partainya mendukung pasangan Drs Dominggus Mandacan-Origenes Nauw menyatakan,keputusan Mahkamah Konstitusi sudah final. Sehingga siapapun gubernur-wakil gubernur yang dilanti harus didukung semua pihak. Ia pun memastikan,akan mengikuti rapat paripurna istimewa.

’’Perbedaan politik pada saat Pemilukada sudah berakhir. Sehingga anggota Dewan yang partainya awal posisinya mendukung kandidat lain,suka ataupun tidak suka harus mendukung gubernur-wakil gubernur definitif.Kita tinggal berdoa agar lima tahun kedepan dapat bekerja baik demi kesejateraan rakyat,’’ ujar Yomaki.

Sedangkan Ketua Fraksi PDIP,Saleh Sikun,SE menyatakan,tak ada alasan untuk tidak menghadiri rapat paripurna istimewa pelantikan gubernur-wakil gubernur.Meski pada saat Pemilukada,PDIP mendukung pasangan Wahidin Puarada-Herman Orisoe,namun anggota DPRPB dari partai ini tetap menghormati proses pelantikan dengan menghadiri rapat paripurna. ‘’Tapi kami sedang berduka. Pak Jimmy (Kedua DPD PDIP Papua Barat,Jimmy Demianus Iji) sedang berduka,ibu mertuanya meninggal,’’ tukas Saleh Siknun.
 
Sementara itu,aparat kepolisian dibac-up personel TNI-AD dan TNI-AL siap mengamankan jalannya pelantikan.Kemarin bertempat di Lapangan Borarsi diadakan gelar pasukan. Selain menampilkan personel,jajaran TNI dan kepolisian mengerahkan alutista,seperti kendaraan pengendali massa,water canon,barracuda.
 
Sekitar 600 anggota polisi dan TNI mengikuti upacara gelar pasukan pelantikan gubernur-wakil gubernur dipimpin Kapolres Manokwari AKBP Agustinus Supriyanto. Kepada personel yang bertugas di lapangan,Kapolres mengingatkan agar lebih waspada. Penangangan massa tetap sesuai protap.Seusai gelar pasukan, aparat Polri dan TNI melakuka konvoi keliling kota.
 
Sementara itu,Kepala Biro Humas Setdaprov Papua Barat,Marthen Kaleb Suruan,SH,MM menyatakan,setelah melantik gubernur-wakil gubernur,Mendagri Gamawan Fauzi bersama rombongan akan langsung kembali ke Jakarta. Sedangkan pada,Selasa malam,akan digelar acara lepas sambut.(lm)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar