Jika Terbukti, Ketua DPRD Kobar Harus Dicopot

Jika Terbukti, Ketua DPRD Kobar Harus Dicopot
Jika Terbukti, Ketua DPRD Kobar Harus Dicopot
JAKARTA - Pengamat Hukum Tata Negara, Refly Harun mengatakan ketika Ketua DPRD Kobar, Subahagio dinyatakan bersalah oleh MA dan sudah berkekuatan hukum tetap maka secara otomatis dia sudah tidak lagi menjabat sebagai anggota DPRD.

Pasalnya, dia sudah tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota DPRD seperti diatur UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan UU Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. Selanjutnya, hanya tinggal menunggu proses PAW dari partai yang bersangkutan.

“Begitu dinyatakan bersalah dan incracht, sesungguhnya dia sudah bukan lagi anggota dewan, hak dan kewenangannya sebagai anggota dewan otomatis gugur, kalau partainya tidak melakukan PAW maka kursinya akan kosong,” kata Refly Harun, Senin (16/1).

Refly Harun menambahkan Badan Kehormatan (BK) DPRD Kobar juga dapat segera menggelar sidang guna menindaklanjuti putusan PK MA tersebut. Khususnya, menindaklanjuti proses pemberhentian Subahagio sebagai anggota DPRD Kobar periode 2009-2014.

JAKARTA - Pengamat Hukum Tata Negara, Refly Harun mengatakan ketika Ketua DPRD Kobar, Subahagio dinyatakan bersalah oleh MA dan sudah berkekuatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News