Hari Ini, KPU Bagikan Hasil Verifikasi Berkas Perbaikan Bacaleg

Hari Ini, KPU Bagikan Hasil Verifikasi Berkas Perbaikan Bacaleg
Hari Ini, KPU Bagikan Hasil Verifikasi Berkas Perbaikan Bacaleg
JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) direncanakan akan membagikan berita acara hasil verifikasi dokumen perbaikan berkas Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) pada partai politik peserta Pemilu, Senin (10/6) hari ini. Menurut Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, pembagian berkas dimaksud, dapat disebut tahapan 'pra' penetapan Daftar Calon Sementara (DCS). Langkah ini dilakukan sebelum KPU memberi kesempatan masyarakat menyatakan aspirasinya 13-27 Juni mendatang.

“Kami tentu sangat membutuhkan bantuan masyarakat untuk menilai apakah seseorang yang ada dalam DCS nantinya betul memenuhi syarat atau tidak. Karena mereka (masyarakat) yang lebih tahu, mungkin mereka tetangga atau mengenal Bacaleg tertentu, dapat melaporkannya,” ujar Hadar di Jakarta, Minggu (9/6) malam.

Menurutnya, masukan dari masayarakat sangat dibutuhkan mengingat verifikasi yang dilakukan KPU sangat terbatas. Sebab KPU hanya memeriksa kelengkapan dokumen yang disyaratkan tanpa menelusuri lebih jauh kebenaran dari dokumen yang diajukan. Pola demikian diakuinya memang membuka peluang lolosnya calon bermasalah atau yang sebenarnya tidak memenuhi syarat.

“Tentu sangat mungkin (lolos). Karena kami kan pada dasarnya memeriksa dokumen saja. Kalau dia bohong soal dokumen itu, kan kami juga susah,” ujarnya.

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) direncanakan akan membagikan berita acara hasil verifikasi dokumen perbaikan berkas Bakal Calon Anggota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News