Hari Ini, Pembangunan Jalan Layang Khusus Bus Transjakarta Dimulai

Hari Ini, Pembangunan Jalan Layang Khusus Bus Transjakarta Dimulai
Hari Ini, Pembangunan Jalan Layang Khusus Bus Transjakarta Dimulai

jpnn.com - JAKARTA - Pembangunan jalan layang khusus bus Transjakarta telah dimulai hari ini, Selasa (10/3). Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menandainya dengan meresmikan groundbreaking pembangunan jalan layang untuk Koridor XIII Transjakarta dengan rute Kapten Tendean-Blok M-Ciledug di Jalan Kebayoran Baru, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal menyatakan, jalan layang itu akan membentang dari Ciledug menuju Blok M dan berakhir di Jalan Kapten Tendean. Panjangnya adalah 9,3 kilometer.

Yusmada berharap, pembangunan jalan layang dengan alokasi anggaran Rp 2,3 triliun ini dapat segera diselesaikan dalam pada Desember 2016. ‎Namun, diharapkan jalan layang itu bisa beroperasi Agustus 2016.

Yusmada menjelaskan, paket pembangunan jalan layang ini merupakan yang terpanjang saat ini. "‎Kami mengharapkan pembangunan dapat rampung selama dua tahun ini. Sehingga dapat langsung digunakan oleh PT Transjakarta sebagai Koridor XII," kata Yusmada.

Yusmada menambahkan, pembangunan jalan layang ini akan mengganggu arus lalu lintas di sepanjang jalan Kapten Tendean, Blok M hingga Ciledug.‎ Terlebih, sepanjang Maret-November merupakan waktu pembangunan yang sangat krusial. Sebab, dalam waktu itu akan dibangun 211 pilar secara bersamaan.

"Kami minta semua warga Jakarta memahami ini‎. Bersamaan dengan ini, juga dibangun jalan layang di Permata Hijau dan Kuningan dan MRT. Semuanya ada di wilayah Selatan. Jadi kondisi lalu lintas wajib dijaga agar tidak mengalami kemacetan total," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Heru Suwondo menyatakan, groundbreaking dilakukan di paket Kebayoran Lama terlebih dahulu.

Pembangunan jalan layang, lanjut dia, dibuat kontrak rancang bangun. Tiga bulan pertama, mereka harus membuat desain terlebih dahulu. Setelah itu, baru dilakukan groundbreaking.

JAKARTA - Pembangunan jalan layang khusus bus Transjakarta telah dimulai hari ini, Selasa (10/3). Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News