Hari Ini, Unair Kampus Banyuwangi Mulai Perkuliahan

Hari Ini, Unair Kampus Banyuwangi Mulai Perkuliahan
Mahasiswa Unair kampus Banyuwangi sangat antusias mengikuti perkuliahan di hari pertama. FOTO: Ist

jpnn.com - BANYUWANGI - Kampus Universitas Airlangga (Unair) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, resmi memulai proses perkuliahan pada hari ini, Senin (8/9). Perguruan tinggi negeri terkemuka itu membuka empat program studi di Banyuwangi, yaitu Kedokteran Hewan, Budidaya Perairan, Akuntansi, dan Kesehatan Masyarakat.

”Ini bagian dari upaya memajukan kualitas sumberdaya manusia (SDM) Indonesia melalui dunia pendidikan,” ujar Wakil Rektor I Unair Prof Dr Achmad Syahrani, MS Apt, di sela-sela membuka kuliah pertama Unair kampus Banyuwangi.

Untuk tahun ini, terdapat 153 mahasiswa Unair kampus Banyuwangi. Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia, mulai Jambi, Lampung, Jakarta, Surabaya, Pontianak, Makassar, Bojonegoro, Kediri, Probolinggo, Jember, Cilacap, Flores, Kupang, Bali, sampai Papua.

”Kami pastikan untuk terus menjaga kualitas proses perkuliahan di Banyuwangi ini tidak berbeda dengan Unair Surabaya. Ini sesuai sistem jaminan mutu Unair yang akreditasinya A. Tentunya dengan sarana dan prasarana yang akan terus dilengkapi,” ujar Achmad.

Dia mengatakan, untuk tenaga pengajar, terdapat dosen tetap yang tinggal di Banyuwangi. Sejumlah guru besar Unair juga mengajar di Banyuwangi. ”Tenaga administrasi untuk pelayanan akademik dan lain-lain juga sudah siap,” tegas Achmad.

Guru Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan Unair Prof Moch Amin Alamsjah MSi PhD yang juga hadir merasa senang melihat optimisme di wajah para mahasiswa. ”Pancaran semangat itu jadi modal penting untuk memulai studi hingga sukses menjadi sarjana yang bisa bermanfaat bagi masyarakat luas," kata Amin.

Salah seorang mahasiswa, Taarifatul Asmaulhusna, menyambut antusias perkuliahan Unair di Banyuwangi. Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat itu mengatakan, Unair Banyuwangi merupakan pilihan pertamanya saat seleksi mahasiswa secara nasional beberapa waktu lalu.

”Saya sengaja pilih di Banyuwangi, meski di Bali ada program studi yang sama. Semoga saya bisa menjalani perkuliahan dengan baik. Banyuwangi daerah yang pas untuk studi. Tenang dan saya dengar wisatanya luar biasa, jadi pas untuk rekreasi setelah belajar," kata mahasiswa asal Denpasar tersebut.

BANYUWANGI - Kampus Universitas Airlangga (Unair) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, resmi memulai proses perkuliahan pada hari ini, Senin (8/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News