Hari Kartini, Djarot Sebut Perempuan Tak Sekadar Konco Wingking

Hari Kartini, Djarot Sebut Perempuan Tak Sekadar Konco Wingking
Djarot Saiful Hidayat. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Kartini merupakan sosok yang menginspirasi kaum perempuan. Hingga akhirnya, perempuan bisa sederajat dengan laki-laki.

"Dia (perempuan) bisa bekerja di segala bidang," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Jumat (21/4).

Mantan Wali Kota Blitar itu mengatakan, banyak sosok perempuan di Indonesia yang menginspirasi. Salah satunya adalah Presiden Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, Mega juga merupakan Ketua Umum PDI Perjuangan. "Sepertinya perempuan itu lebih hebat. Bayangkan Indonesia juga pernah punya presiden perempuan Bu Mega, ya ketua partai juga perempuan," ucap Djarot.

Menurut Djarot, istilah Konco Wingking sudah tidak melekat lagi bagi perempuan. Konco Wingking merupakan istilah Jawa. Yakni, perempuan menjadi teman di tempat tidur dan bertugas memasak di dapur.

"Bangsa kita ini tergantung kepada kaum perempuan, bagaimana bisa enggak menginspirasi suaminya, menginspirasi anak-anaknya, dan menginspirasi generasi mendatang," tutur Djarot.

Djarot mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI sudah memiliki program yang diperuntukkan bagi perempuan. Dia mencontohkan, ruang publik terpadu ramah anak dan Ketuk Pintu Layanan Dengan Hati.

"Itu kan melibatkan perempuan," ucap Djarot.(gil/jpnn)


Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Kartini merupakan sosok yang menginspirasi kaum perempuan. Hingga akhirnya, perempuan


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News